Apakah Obat Herbal yang Alami Memiliki Efek Samping?

Anda berpikir jika obat yang terbuat dari bahan alami akan jauh lebih aman dibandingkan dengan yang lain seperti obat modern yang banyak mengandung bahan kimia yang Anda pun tidak tahu apakah aman untuk tubuh atau tidak. Namun seringkali Anda merasa bingung mengapa obat herbal sekalipun yang dipilih justru memiliki efek samping untuk tubuh padahal ada beberapa obat yang bahkan terbuat 100% hanya dari bahan pilihan alami.

Obat Herbal Juga Ada Efek Sampingnya

Menurut Prof. Zullies yang merupakan seorang ahli farmakologi di dalam blog pribadinya mengatakan jika hampir semua obat termasuk yang herbal sekalipun akan memberikan efek samping sebab sangat jarang sekali ditemukan obat yang mampu bereaksi dengan cukup selektif untuk target tertentu. Obat bisa bekerja dengan reseptor tertentu yang nantinya didistribusikan secara luas dalam berbagai macam jaringan tubuh. Artinya mereka pasti akan memberikan efek untuk yang lainnya.

Contohnya saja adalah pembuluh darah jantung yang merupakan target dari reseptor. Maka reseptor ini pun akan bekerja juga di dalam saluran nafas sehingga efeknya mungkin Anda bisa sesak nafas. Namun ada pula efek samping yang disebabkan oleh lainnya seperti dosis dari pemberian obat ini. Ini juga berlaku untuk obat alternatif atau obat yang dibuat dari bahan alami. Obat seperti ini memang sangat aman karena semua bahan di dalamnya merupakan sumber alami yang terkenal efektif.

Beberapa jenis tanaman bahkan bisa bertindak untuk tubuh yang sangat kuat seperti halnya obat yang konvensional. Meskipun alami, namun di dalam obat herbal alamiah itu pasti ada zat aktif yang akan langsung bekerja segera setelah dimasukkan di dalam tubuh dan kemudian reseptor pun juga akan bekerja untuk melakukan penyembuhan. Jika tidak mengetahui dosis yang dimiliki oleh obat tersebut, maka efek samping yang lain juga bisa terjadi sehingga membuat sendiri tentu sulit sekali.

Adakah Beberapa Bahan Herbal Alami yang Memiliki Efek Samping

Bahkan ada beberapa obat alami yang sudah dikenal memiliki efek samping bagi tubuh sehingga Anda juga harus tahu kondisi kesehatan yang Anda miliki dan sebaiknya tidak mengonsumsi obat alami yang bisa memicu terjadinya hal tersebut. Gingko Biloba merupakan salah satu tanaman alami namun memiliki efek samping yaitu dapat memperlambat adanya pembekuan darah. Sementara itu Pegagan yang juga populer pun ditemukan di sungai juga tidak luput dari adanya efek samping.

Mereka yang memiliki masalah dengan organ hati maupun gangguan pada hati tidak boleh mengonsumsi obat herbal efektif apapun yang memiliki kandungan pegagan di dalamnya. Berdasarkan penelitian yang ada, pegagan dinilai akan lebih memperparah dan meningkatkan resiko adanya kerusakan hati seseorang. Tidak hanya itu saja, Echinacea pun juga memiliki masalah yang sama. Bahkan terdapat 20 lebih reaksi yang sudah dilaporkan sebelumnya tentang efek sampingnya.

Rata-rata pasien yang mengonsumsi obat alami dengan kandungan Echinacea justru mengalami beberapa gangguan seperti sakit otot, mengalami pembengkakan, gatal-gatal, asma hingga gangguan pencernaan. Sementara itu, Sambiloto yang terkenal sejak dulu juga memiliki efek samping. Sambiloto dikenal bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh namun dapat menjai bahan yang berbahaya. Ini karena sambiloto tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang terkenal autoimun.

Sebaiknya jika Anda ingin memilih obat herbal yang alami, maka sebaiknya Anda harus mengetahui kandungan dan juga indikasi penggunaan sehingga Anda bisa tahu apakah Anda boleh mengonsumsinya. Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa bahan alami tidak ada yang langsung bekerja dengan cepat bahkan khasiatnya bisa muncul beberapa minggu setelah Anda minum. Jika terdapat obat yang cepat sembuh setelah Anda minum, maka itu tidak alami.

0 Response to "Apakah Obat Herbal yang Alami Memiliki Efek Samping?"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel