Bagaimana Cara Menjaga Kondisi Kesehatan dari Penyakit di Musim Pancaroba?

Di musim pancaroba yang selalu berubah-ubah ini apalagi dengan cuaca dan kondisi yang ekstrim menyebabkan tubuh terkadang tidak mampu bertahan dan seberapa pun baiknya Anda menjaga tubuh, tetap saja ada kalanya Anda tumbang juga dan dikalahkan. Banyak sekali penyakit yang akan menyerang kesehatan di musim pancaroba sehingga Anda pun juga harus melakukan pencegahan untuk tetap menjaga kondisi tubuh sehingga selalu fit.
Gambar via: kata.co.id

Penyakit yang Sering Menyerang Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba 

Kondisi cuaca yang selalu berubah terkadang panas namun kemudian menjadi dingin dan hujan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Meskipun memasuki musim kemarau namun beberapa hari tentu ada udara dingin yang menyebabkan banyak orang jatuh sakit. Kesehatan tubuh memang sangat penting dan harus dijaga karena di musim pancaroba, lebih banyak orang yang jatuh sakit dan biasanya sebagian penyakit menular sehingga jika satu orang terjangkit, maka yang lain terkena.

Kondisi seperti ini membuat tubuh tidak mampu untuk bertahan dan akhirnya justru mengalami sakit. Belum lagi jika kegiatan yang dijalankan pun cukup banyak, maka tubuh yang kurang istirahat sudah pasti mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang seringkali mengincar sudah pasti demam dan juga flu. Ini merupakan penyakit yang paling rentan untuk menyerang di musim perubahan seperti ini. Berawal dari bersin, seseorang bisa langsung mengalami sakit tenggorokkan dan demam.

Ini dapat mengganggu jalannya aktivitas yang sedang Anda jalankan. Gangguan seperti ini jangan pernah Anda sepelekan sama sekali sebab ini berarti tubuh tengah membangun pertahanannya untuk melawan infeksi. Selain itu, penyakit lain yang sering dialami oleh banyak orang adalah diare. Musim pancaroba akan sangat banyak kotoran dan debu berterbangan bahkan pola konsumsi makanan pun juga berubah sehingga tubuh rentan terkena dengan kuman penyebab diare itu.

Tips Pencegahan dan Menjaga Kondisi Kesehatan di Musim Perubahan

Untuk melakukan pencegahan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh dan jiwa dengan baik, maka lakukan beberapa tindakan sederhana yang efeknya sangat maksimal yaitu:

  • Istirahat dengan cukup
Untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit, maka istirahat adalah hal penting yang harus dijaga. Sebuah studi menunjukkan jika mereka yang mampu tidur selama 8 jam jauh memiliki tubuh yang sehat dibandingkan mereka yang kurang tidur. Cobalah atur sebaik mungkin jadwal tidur Anda khususnya pula untuk anak-anak sehingga tuuh menjadi lebih sehar dan tidak cepat mengantuk atau lelah saat melakukan aktivitas. Hindari bermain gadget ketika Anda hendak tidur dan cobalah menghentikan kegiatan apapun di malam hari yang berat dan tidur lebih awal sehingga bisa memenuhi kebutuhan jam tidur minimal.

  • Cucilah bahan makanan dengan baik 
Untuk membuat tubuh kebal terhadap penyakit, maka Anda harus membersihkan dan mencuci bahan makanan sebelum dikonsumsi maupun diolah yaitu ikan, daging, sayuran, buah dan sebagainya. Ini karena Anda tidak tahu bagaimana proses makanan ini sampai ke tangan Anda. Semuanya tidak bersih dan menyimpan debu bahkan kotoran sehingga tidak baik untuk dikonsumsi langsung. Belum lagi, sebagian besar sayur maupun buah memiliki kandungan pestisida sehingga wajib untuk dibersihkan sebaik mungkin. Bila perlu, Anda harus menemukan sabun khusus untuk bisa membersihkan kotoran dari buah dan sayur sehingga lebih maksimal lagi karena air saja tidak cukup dan pastikan untuk mencucinya dengan air yang mengalir.

Inilah tips untuk menjaga kondisi kesehatan di musim pancaroba yang seringkali menimbulkan penyakit yang dapat menghambat semua aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat.

0 Response to "Bagaimana Cara Menjaga Kondisi Kesehatan dari Penyakit di Musim Pancaroba?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel