Bagaimana Kesehatan para Vegan?

Keputusan untuk menjadi seorang vegan memang bukan hanya jadi gaya hidup saja namun bisa jadi pilihan hidup. Banyak sekali alasan dan pertimbangan mengapa orang berubah menjadi vega, namun tiga alasan yang paling umum adalah menghormati hak lingkungan, hewan, dan Kesehatan. Akan tetapi, benarkah diet vegan ini bisa membuat anda jadi sehat dan terhindar dari macam-macam penyakit?

Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Sebelum membahas tentang kesehatan diet vegan, akan lebih baik jika anda membedakan apakah itu vegan dan vegetarian karena masih banyak yang salah konsepsi antara vegan dan vegetarian. Vegan sendiri merupakan diet yang hanya mengonsumsi makanan yang ditanam, misalnya sayuran, buah, kacang-kacangan serta biji-bijian. Vegan tak makan yang sumbernya dari hewan, tidak hanya daging, tapi termasuk juga produk dari hewa misalnya telur, susu, keju, madu dan yang lainnya.

Oleh sebab itu lah tidak mengherankan apabila diet vegan mengandung serat, asam folat, magnesium, vitamin E, vitamin C, zat fitokimia, dan zat besi yang banyak bersumber dari tumbuh-tumbuhan. Kebalikannya, diet vegan ini cenderung kurang lemak jenuh, kalori, asam lemak omega 3, kolesterol, kalsium, vitamin D, seng, dan juga vitamin B12 yang pasalnya banyak ditemukan pada hewan.

Keuntungan Diet Vegan untuk Kesehatan

Manfaat diet vegan untuk Kesehatan ini adalah karena dietnya hanya makan makanan bersumber nabati, maka seorang vegan mempunyai beberapa keuntungan untuk kesehatannya. Apa saja?

Yang pertama, diet vegan dapat menurunkan risiko kanker. Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak seklai zat gizi yang bisa melindungi tubuh anda dari kanker. Salah satu kandungan zat gizi yang mana ada di dalam sayuran dan juga buah-buahan adalah fitokimia kompleks yang sudah diketahui berguna sekali untuk mencegah kanker. Fitokimia sangat berguna untuk antioksidan dan bisa melakuka aktivitas antiproliferasi. Zat fitokimia ini bisa juga menghambat beberapa sel yang pasalnya terlibat dalam pembentukan kanker.

Yang kedua, diet vegan untuk Kesehatan juga menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian sudah menunjukkan vegan mempunyai tubuh yang lebih kurus ketimbang vegetarian. Tidak hanya itu vegan juga memiliki kolesterol total dan kolesterol LDL yang lebih rendah, dan tekanan darah yang lebih rendah juga. Mengapa demikian? Karena seorang vegan sangat banyak sekali mengonsumsi sayur dan buah yang mana tinggi serat, antioksidan, asam folat, dan juga fitokimia. Konsumsi biji-bijian yang utuh, misalnya kedelai, dan juga kacang-kacangan bisa melindungi vegan dari penyakit jantung.

Diet Vegan Berpengaruh pada Kesehatan Tulang

Biasanya menjadi vegan kekurangan banyak vitamin dan juga mineral yang sumbernya dari makanan hewani, misalnya protein dan kalsium. Padahal kita semua tahu bahwa protein dan kalsium amat dibutuhkan untuk Kesehatan tulang. Penelitian pada wanita-wanita Asia yang jadi vegetarian karena alasannya agama menunjukkan mereka memiliki asupan kalsium dan protein yang rendah. Ketidakcukupan asupan kalsium dan protein ini pasalnya berhubungan dengan hilangnya kepadatan tulang dan fraktur di pinggul dan tulang belakang di usia yang lebih tua.

Selain daro protein dan kalsium, diet kesehatan tulang juga dipengaruhi oleh kalium, magnesium, vitamin K, vitamin D, di mana zat-zat gizi ini bisa ditemukan di kedelai, sayur-sayuran dan buah-buahan. Sehingga di sisi lainnya, diet vegan bisa memenuhi kebutuhan gizi mereka dengan ini untuk menjaga Kesehatan tulang.  

Dari penjelasan di atas, apakah anda tertarik menjadi vegan? Ternyata banyak kelebihan untuk Kesehatan manusia, bukan?

0 Response to "Bagaimana Kesehatan para Vegan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel