Cuaca Dingin, Waspadai Gangguan Kesehatan Ini!

Akhir-akhir ini mungkin anda merasakan suhu udara begitu dingin. Banyak yang mengeluhkan berbagai gangguan kesehatan karena udara dingin. Menurut Hary Tirto Djatmiko, Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca dingin yang saat dirasakan sebagian besar penduduk Indonesia disebabkan karena saat ini adalah puncak musim kemarau, dimana angin bertiup lebih kencang dari biasanya dan suhu udara menjadi sangat dingin. Tidak hanya pada malam hari, saat siang hari sekalipun kadang masih terasa dingin. Bagi anda yang sering bepergian di luar rumah pasti ikut merasakan perubahan cuaca yang cukup ekstrim ini.
Gambar via : schoene-haut.info

Penyakit Yang Bisa Timbul Saat Cuaca Dingin

Menurut Dr Ari Fahrial Syam selaku Pendidik dan praktisi klinis dari RSCM setidaknya ada dua penyakit yang bisa timbul jika terjadi perubahan suhu udara yang ekstrim seperti saat ini.

Yang pertama adalah penyakit kronis yang akan mengalami kekambuhan karena udara yang dingin. Penyakit tersebut diantaranya adalah asma (sesak nafas), sinusitis, pilek alergi (rinitis alergi), dan alergi kulit yang biasanya ditandai dengan rasa gatal dan bentol-bentol pada kulit. Penyakit asma akibat cuaca dingin ini biasanya banyak diderita anak-anak, balita, dan mereka yang berusia lanjut.

Yang kedua adalah penyakit yang secara langsung diderita karena udara dingin. Contoh kasusnya adalah kulit yang menjadi kering, telapak kaki dan bibir pecah-pecah, dan bahkan mimisan. Gangguan seperti ini sangat banyak dikeluhkan masyarakat, utamanya bagi mereka yag sering berada di luar rumah.

Orang lanjut usia dan anak-anak sangat rentan terhadap timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan yang diakibatkan cuaca dingin seperti saat ini.

Lalu Bagaimana Menghadapi Cuaca Dingin Seperti Ini?

Untuk mengatasi gangguan kesehatan akibat cuaca dingin, yang paling penting tentu saja kita harus menggunakan pakaian yang menutup badan dan tebal  agar udara dingin tidak langsung masuk ke kulit kita. Jika bepergian selalu gunakan jaket tebal. Jika perlu gunakan juga sarung tangan, penutup muka, kaos kaki dan penutup kepala tambahan saat sedang berada di luar rumah. Jangan lupa juga untuk mengoleskan lotion pada kulit agar tidak terlalu kering dan mudah luka akibat digaruk saat terasa gatal.

Untuk melindungi bibir dan lubang hidung, selalu usahakan untuk megoleskan selalu krim pelembab bibir agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. Jika tidak segera diatasi keringnya bibir dapat mengurangi nafsu makan yang tentunya tidak baik bagi kesehatan. Lubang hidung juga harus dijaga kelembabannya agar kemungkinan buruk seperti mimisan tidak terjadi.

Yang tak kalah penting adalah memperbanyak minum air putih. Meskipun saat udara dingin kita biasanya tidak sering merasa haus, tetap saja kita harus memaksa diri untuk minum sebanyak mungkin untuk menghindari kemugkinan dehidrasi yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Salah satu tanda dehidrasi adalah ketika air kencing kita berwarna lebih keruh dari biasanya.  Sebaiknya juga hindari konsumsi minuman berkafein dan bersoda secara berlebihan karena jenis minuman itu dapat memperparah dehidrasi.  

Demikian sedikit informasi mengenai beberapa gangguan kesehatan yang harus kita waspadai selama cuaca dingin seperti ini. Selalu jaga pola hidup dan pola makan agar kita terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan yang mudah menyerang saat cuaca sedang sangat ekstrim. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat lebih berhati-hati dan waspada.

0 Response to "Cuaca Dingin, Waspadai Gangguan Kesehatan Ini!"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel