Deretan Tanaman Herbal Sebagai Solusi Kesehatan Alternatif

Hidup sehat adalah impian semua orang. Karenanya ketika seseorang menderita sakit biasanya dia akan segera berobat untuk mendpatkan kesembuhan. Namun kadangkala, obat-obatan yang ada saat ini mengandung banyak bahan kimia yang terkadang justru berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan terus – menerus. Mungkin karena itulah sekarang ini banyak yang beralih mengunakan tanaman herbal sebagai alternatif obat berbagai macam peyakit.

Mengapa Banyak yang Menggunakan Tanaman Herbal sebagai Obat?

Obat-obatan yang terbuat dari tanaman herbal memiliki efek samping yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan obat kimia yang banyak beredar di pasaran. Terlebih lagi beberapa tanaman herbalyang bisa digunakan sebagai obat ini sangat mudah didapatkan dan bisa kita tanam sendiri di pekarangan rumah. Jadi selain mudah didapat harganya juga biasanya tidak menguras kantong.

Tanaman herbal juga telah lama digunakan oleh leluhur kita sebagai obat berbagai penyakit, jauh sebelum munculnya berbagai macam obat kimia dan pengobatan modern seperti sekarang ini. Meskipun proses penyembuhannya tidak secepat obat kimia, namun penggunaan tanaman herbal sebagai obat saat ini sedang mengalami tren peningkatan yang signifikan.

Beberapa Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Memiliki nama lain pace, cangkudu, keumeude, dan kudu tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat herbal. Beberapa penyakit seperti penyakit asma, radang tenggorokan, mimisan , sakit gigi,  hingga sakit mata dapat dibantu proses penyembuhannya dengan ramuan dari tanaman ini.

  • Buah Manggis
Buah ini dijuluki sebagai ratunya buah karena terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak hanya buahnya saja, kulitnya pun memiliki khasiat yang luar biasa diantaranya menyembuhkan penyakit seperti stroke, diabetus, dan kanker. Tidak heran jika saat ini banyak sekali ramuan yang dijual di pasaran dengan bahan dasar kulit manggis.

  • Lidah Buaya
Selain sebagai penyubur rambut, lidah buaya yang punya nama latin Aloe Vera ini juga dipercaya bisa membantu menyembuhkan sakit batuk.

  • Temulawak
Selain sebagai penambah nafsu makan, temulawak juga diklaim mampu membantu proses penyembuhan penyakit hepatitis B yang menjadi salah satu pemicu kanker hati. Tanaman ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, hati dan ginjal yang merupakan organ vital dalam tubuh manusia.

  • Jinten
Saat ini jinten telah banyak diracik menjadi obat herbal yang cukup popular di kalangan masayarakat. Di dalamnya alam terdapat kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan beberapa mineral seperti tembaga, mangaan, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, zink dan fosfor. Tanaman ini sudah terbuksti mampu mengatasi perut kembung dan beberapa masalah pencernaan.selain itu tanaman ini juga dapat berfugsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui tanaman ini juga dipercaya mampu melancarkan ASI.

  • Mahkota dewa
Tanaman ini banyak digunakan oleh peracik obat-obatan herbal sejak lama diantaranya sebagai obat penyakit darah tinggi dan detoksifikasi.

Itulah beberapa tanaman herbal yang memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit baik yang rungan maupun yang kronis. Tentu saja semua itu harus diiringi dengan keinginan kuat untuk sembuh dan konsumsi secara rutin agar proses penyembuhan lebih maksimal. Selain tanaman herbal yang disebutkan di atas, masih banyak tanaman lain yang juga berkhasiat menyembuhkan penyakit yang akan kita bahas pada artikel lainnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Deretan Tanaman Herbal Sebagai Solusi Kesehatan Alternatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel