Ibu Hamil, Jaga Kesehatan Anda di Trisemester Pertama Kehamilan

Setiap wanita yang dikaruniai berkah bisa mengandung pastinya sangat senang dan beruntung sekali. Begitu dokter memberikan kabar gembira bahwa anda positif hamil, pasti anda langsung ingin menjaga Kesehatan anda dan bayi di dalam perut anda dengan baik. Tentu saja, iya. Namun, sebenarnya sebagai ibu hamil yang tengah melewati trisemester pertama anda perlu menjaga baik-baik kandungan anda. Trisemester awal memang menjadi masa-masa paling penting dari pertumbuhan janin. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan anda dan si kecil di dalam kandungan anda, ada beberapa hal yag perlu diperhatikan.

Hal-Hal untuk Menjaga Kesehatan Ibu dan Bayi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda sedang mengandung si kecil pada trisemester awal. Hal-hal tersebut adalah:

Yang pertama adalah rutin memeriksakan Kesehatan diri anda ke dokter spesialis kandungan. Anda bisa langsung berkonsultasi ke dokter ahli kandungan. Ahli medis ini pun juga bakal memberikan macam-macam pengetahuan berkaitan dengan cara menjaga kesehatan anda dan janin anda, nutrisi apa saja yang diperlukan oleh ibu hamil, sampai petunjuk aktifitas fisik yang masih aman untuk ibu hamil trisemester awal. Dokter kandungan juga bakal memeriksa kondisi kesehatan dan juga tekanan darah dan mengukur berat badan anda sebagai ibu hamil.

Hal selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan asam folat selama mengandung di trisemester pertama. Asam Folat ini berfungsi sebagai pelindung janin dari risiko kelainan otak dan juga sumsum tulang belakang. Anda memerlukan Asam Folat yang banyaknya kira-kira 400 mcg tiap harinya. Sumber makanan yang banyak mengandung Asam Folat misalnya buah jeruk, asparagus, bayam dan brokoli.

Berikutnya, jika anda sedang mengandung di trisemester awal adalah berhenti merokok. Ini sangat penting baik untuk Kesehatan anda dan janin anda. Asap rokok amat berbahaya dan bisa membahayakan kesehatan anda dan janin dalam kandungan anda. Janin yang mana terkena dampak dari asap rokok juga bisa mengalami kondisi berat badannya rendah ketika dilahirkan nanti. Tidak Cuma itu saja, ibu hamil yang merokok juga memiliki risiko keguguran yang jauh lebih tinggi.

Pengonsumsian obat-obatan juga menjadi satu hal yang perlu dipertimbangkan saat anda mengandung terlebih di trisemester awal. Lebih baik anda menghindari sembarangan konsumsi obat-obatan yang dijual secara bebas. Jika anda mengalami sakit misalnya flu, batuk, anda bisa pergi ke dokter ahli kandungan agar diberi obat khusus. Jika mengonsumsi obat-obatan sembarangan yang dijual bebas, akan berdampak negatif janin anda.

Kesehatan anda dan janin anda juga perlu memperhatikan asupan ibu hamil. Makanan tak hanya memenuhi nutrisi anda sebagai ibu, amun juga asupa untuk sang janin. Anda mesti memperbaiki pola makan ada dengan mengonsumsi menu yang seimbang. Di trisemester pertama, anda tak membutuhkan terlalu banyak kalori. Jadi, hati-hati dalam memilih makanan. Makanan seperti misalnya telur setengah matang atau bahkan mentah, kerang mentah juga, sangat tidak dianjurkan untuk anda konsumsi di trisemester awal. Hal tersebut dikarenakan ibu hamil sudah lebih rentan terserang bakteri dari masakan yang belum matang.

Yang terakhir adalah dengan menyiasati morning sickness. Morning sickness adalah keadaan di mana anda merasa mual dan gejala kehamilan yang lain karena perubahan hormon yang ada di dalam tubuh anda. Mual dan muntah yang terjadi sepanjang hari bisa disiasati dengan mengonsumsi makanan tinggi protein misalnya susu ibu hamil, daging, keju, dan biscuit. Nah demikian lah hal-hal penting untuk para ibu hamil di trisemester awal kandungan supaya Kesehatannya dan janinnya tetap terjaga.

0 Response to "Ibu Hamil, Jaga Kesehatan Anda di Trisemester Pertama Kehamilan"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel