Jenis Tanaman Herbal yang Ampuh untuk Obat Mata

Untuk mengobati penyakit mata, nyatanya cara alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan tanaman yang tumbuh di sekitar rumah anda. Sebetulnya apabila kita tahu manfaat dari macam-macam tanaman yang tumbuh di alam bebas, kita bisa langsung melakukan perawatan kesehatan dengan murah dan alami. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali tanaman herbal yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi macam-macam penyakit termasuk penyakit mata. Mau tahu Tanaman Herbal apa saja yang manjur untuk penyakit mata?

Di bawah ini ada beberapa tanaman herbal yang sudah terbukti ampuh mengobati penyakit mata.

Pertama, Kitolod. Ini adalah tanaman yang ukurannya kecil dan berupa semak-semak. Di Kitolod sendiri, ada senyawa alkaloid, saponin, flavonoid dan porifenol. Getah dari tanaman herbal yang satu ini memang mengandung racun akan tetapi di bagian tanaman Kitolodnya bersifat anti-kanker, menghentikan pendarahmantiradang dan juga penghilang rasa sakit. Untuk penyakit mata, tanaman ini bisa mengatasi gangguan mata misalnya katarak, mata perih, plus dan minus.

Untuk membuat ramuan Tanaman Herbal ini, anda bisa membuatnya dengan kembang telang. Untuk radang mata, yang paling ampuh adalah bagian bunganya. Hanya perlu merendam bunga telang yang warnanya biru sampai airnya menjadi biru. Llau, pakai air itu untuk mencuci mata anda. Mudah, bukan?

Kedua, tanaman herbal yang bisa digunakan untuk penyakit mata adalah Boroco. Di Indonesia, namanya macam-macam misalnya saja di Jawa Tengah disebut dengan Jengger Ayam, di Bali disebut Janggar Siap dan di Sumatera disebut dengan Bayam Beludu. Tanaman herbal yang satu ini berguna untuk mengobati infeksi pada mata di bagian dalam dan luar.

Cara untuk membuat ramuan Tanaman Herbal ini cukup mudah. Anda rebus saja biji bunga Boroco ini kemudian air rebusannya digunakan untuk merimbang mata. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati mata bagian dalam. Sementara infeksi mata di bagian luar bisa diobati dengan merebus bunganya dan air rebusannya tadi dipakai untuk mencuci mata.

Tanaman herbal yang ketiga untuk mengobati mata adalah Daun Sirih. Memang daun sirih ini sudah sangat populer intuk menyembuhkan masalah gangguan pada mata. Cara untuk membuat ramuan herbal ini cukup dengan merebus daun sirihnya, lalu anda gunakan untuk mengedip-ngedipkan mata supaya kotoran yang ada di dalam sana hilang dan menjadi bersih lagi. Selain itu juga, daun sirih bisa membantu menjernihkan mata lagi.

Tanaman Herbal yang terakhir yang bisa dijadikan obat mata adalah daun sendok. Daun sendok yang memiliki vitamin A,B,C, kalium dan kalsium sangat berkhasiat. Cara untuk membuat ramuannya dengan merebus daunnya, dan minum lah air rebusannya. Anda bisa menambahkan madu juga jika mau lebih segar. Itu lah beberapa Tanaman Herbal yang bisa anda jadikan sebagai obat mata dari mata perih, minus, plus sampai katarak.

0 Response to "Jenis Tanaman Herbal yang Ampuh untuk Obat Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel