Mengenal Berbagai Macam Tanaman Herbal Indonesia yang Unik

Saat ini kesadaran banyak orang tentang bahan yang alami mampu memberikan kesembuhan tanpa efek samping yang buruk semakin meningkat. Terlihat lebih banyak orang yang berusaha untuk menggunakan bahan alami demi tujuannya entah itu diet, menyembuhkan penyakit dan sebagainya. Tetapi, daripada Anda menggunakan obat dari tanaman herbal di luar negeri yang mahal, Indonesia memiliki banyak sekali tumbuhan yang sama ampuhnya.

Tanaman Herbal Indonesia Jauh Lebih Terjamin Mutunya

Hanya untuk berburu obat alami yang mampu menyembuhkan beragam macam penyakit maupun untuk kecantikan, kesehatan atau diet sekalipun, seseorang rela untuk mencarinya di luar negeri. Banyak yang mengatakan jika obat herbal alami yang dibuat di luar negeri jauh lebih terjamin kualitasnya dan lebih aman. Namun jangan salah karena di Indonesia, cukup banyak sekali tanaman herbal yang memiliki efektivitas tinggi bahkan juga jauh lebih aman karena Anda pun tahu bahannya.

Belum lagi, sebenarnya Anda bisa menanam sendiri tanaman alami yang dinilai mampu untuk memberikan efek terbaik untuk tubuh. Dengan kata lain, Anda bisa memiliki apotek hidup milik sendiri di rumah. Anda hanya perlu menemukan tanaman maupun inangnya yang cocok untuk tumbuh di wilayah dan juga tempat tinggal Anda. Dengan demikian, Anda bisa selalu menjaga kesehatan dengan berbagai bahan alami yang telah terbukti. Bahkan sebagian ada yang nilainya sangat mahal.

Tanaman Herbal Dengan Bentuk Unik Khas Indonesia

Ini membuktikan jika tanaman herbal alami memang sangat diperlukan namun apa saja jenis dan juga bentuk dari tanaman yang ada di Indonesia? Berikut ini penjelasannya:

Nama ilmiah dari daun sisik naga ini adalah Drymoglossum piloselloides L. Tanaman ini tidak memiliki pokok sendiri melainkan hidupnya menumpang pada tumbuhan lain seperti benalu. Hanya saja, tanaman ini tidak merugikan tanaman yang sedang ditumpanginya untuk tumbuh. Daun sisik naga ini tidak bisa ditemukan di daerah kering melainkan hanya daerah yang lembab seperti persawahan maupun hutan. Bentuk daunnya kecil-kecil berwarna hijau terang seperti sisik dengan jumlahny sangat banyak dan seperti menempel atau merambat pada kayu seolah kayu itu adalah naganya sementara daunnya adalah sisiknya. Tanaman ini sudah diketahui dengan baik mampu untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga yang kronis sekalipun seperti kencing nanah, disentri, sakit perut, berak darah, mimisan, pendarahan, rematik, kanker payudara, keputihan hingga TBC kulit yang disertai dengan adanya pembengkakan dalam kelenjar getah bening.

  • Daun ceker ayam
    Gambar via : manfaat
Satu lagi tanaman herbal unik yang memiliki bentuk tidak biasa dan nama ilmiah untuk daun ceker ayam ini adalah Selaginella doederleinii hieron. Tumbuhan ini tidak bisa ditemukan di daerah tropis karena hanya bisa tumbuh di tempat yang teduh dengan suhu dingin. Namanya memang sedikit asing namun kenyatannya, tumbuhan ini juga bisa muncul di sekitar pagar maupun kebun karena tanaman ini bentuknya seperti paku-pakuan sehingga mungkin Anda pernah tahu dan melihat namun tidak saar bahwa ini penting. Khasiat yang dimiliki obat ini sangat banyak yaitu salah satunya adalah untuk antineoplasma. Selain itu, masih banyak lagi khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan maupun yang kronis sekalipun seperti menghilangkan dan meredakan bengkak, perut busung, hepatitis, koreng, patah tulang, infeksi saluran kencing, radang paru-paru, bronkhitis, batuk, tonsilis, kanker paru, mampu menghentikan pendarahan dan sebagainya.

Meskipun terdengar asing, namun tanaman herbal itu juga bisa ditemukan dalam kemasan obat jadi sehingga tidak perlu lagi diracik sendiri dan lebih praktis karena Anda sudah tahu dosis yang berlaku di dalamnya.

0 Response to "Mengenal Berbagai Macam Tanaman Herbal Indonesia yang Unik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel