Ramuan Herbal untuk Penyakit Cacar Air

Tentunya semua orang ingin sehat setiap hari. Namun terkadang karena kondisi kita yang tidak prima, virus dan bakteri bisa dengan mudahnya ‘mampir’ sehingga kita akhirnya jatuh sakit. Salah satu penyakit yang tersebar lewat virus adalah cacar air. Untuk mengobatinya, anda bisa menggunakan pengobatan tradisional atau Herbal atau bisa juga dengan obat kimia. Pengobatan herbal atau tradisional memang lebih lama, namun lebih aman. Apabila anda ingin tahu ramuan herbal apa saja yang bisa membantu mengobati penyakit cacar air ini, simak penjelasan di bawah ini.

Ramuan-Ramuan Herbal untuk Cacar Air

Bahan-bahan yang mesti anda siapkan ketika mau membuat ramuan Herbal yang bisa digunakan untuk penyakit cacar air antara lain daun jarak dan air seperlunya. Cara untuk membuat ramuannya tidak sulit dan cepat. Daun jarak yang sudah anda siapkan dicuci bersih, kemudian rebus di panic sampai mendidih dan daunnya hancur. Setelah itu, rebusan tadi dipakai untuk mandi. Namun akan lebih baik jika air yang digunakan hangat dan digunakan rutin yaitu 2 kali sehari.

Ramuan yang kedua adalah asam jawa sebanyak 15 gram saja, air sebanyak 600 ml dan kencur 15 gram. Cara membuat ramuan ini sangat mudah yaitu kencur dan asam jawa dicuci bersih dulu. Kemudian keduanya direbus sampai mendidih bahkan airnya berkurang separuh. Setelah itu airnya disaring dan minum ramuan Herbal ini sehari kira-kira 2 sampai 3 kali.

Ramuan herbal yang ketiga untuk penyakit cacar air dibuat dari air 600 cc, temulawak 30 gram, asam jawa 15 gram, jahe 15 gram juga dan kencur 25 gram. Untuk membuat ramuan herbal ini juga tidak sulit karena anda hanya harus mencuci semua bahan sampai bersih, lalu merebusnya sampai mendidih, sampai airnya menjadi setengahnya saja. Setelah semua matang, air rebusan tadi disaring dan diminum 2-3 kali dalam sehari.

Ramuan yang keempat yakni berbahan daging buah asam secukupnya, kunyit dan minyak kelapa. Untuk memubuat ramuan ini anda cukup menghaluskan daging buah asam dan kunyit. Kemudian campurkan minyak kelapa sedikit dan aduk secara merata. Lalu campuran itu dipanaskan di atas kompor, tak perlu terlalu lama. Kemudian dinginkan dan terakhir gosokkan di area yang terdampak cacar secara merata.

Ramuan obat Herbal yang selanjutnya dibuat dari kacang hijau. Siapkan lah kacang hijau seperlunya. Lalu, cuci bersih dan setelah itu rendam sampai kacang hijaunya mengembang. Setelah itu, kacang hijau ditumbuk sampai halus sekali dan usapkan langsung ke area yang terdampak cacar.

Ramuan yang keenam dibuat dari pinang 5 gram, jintan hitam (habatussauda), bangle 5 gram, serai 1 batang, labu siam 1 buah, 3 helai daun sirih, dan 1 siung bawang merah. Untuk membuatnya, anda perlu mencuci semua bahan itu dan menumbuknya sampai halus. Setelah itu, seduhlah dengan air matang, dan aduk rata kemudian disaring. Minum sebanyak 3 kali sehari masing-masing minum sebanyak 3 sendok makan.

Ramuan herbal yang terakhir adalah dari 2 buah mengkudu matang. Cara untuk membuatnya dengan mencuci mengkudu matang itu lebih dulu, lalu mengkudunya bisa diparut atau kalau anda malas, anda bisa memblendernya. Kemudian hasil parutan atau blenderannya disaring untuk diambil airnya saja. Minum airnya 2-3 kali sehari.

Demikian beberapa ramuan Herbal yang bisa anda buat sendiri untuk mengobati cacar air. Sangat mudah, ya?

0 Response to "Ramuan Herbal untuk Penyakit Cacar Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel