Tanaman Herbal asli Indonesia Ini Berkhasiat untuk Tubuh

Indonesia adalah negara yang sangat kaya serta kawasan hutannya menjadi sumber keragaman hayati. Indonesia sejak dahulu sudah dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya dari bermacam-macam jenis tanaman. Jenis tanaman itu sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati segala jenis penyakit sebagai obat Herbal. Tanaman herbal dikenal juga dengan nama tanaman obat yang memiliki banyak sekali kelebihan apabila dibandingkan dengan ragam tanaman-tanaman yang lainnya. Efek sampingnya yang kecil serta khasiatnya yang sangat besar itu lah yang membuat tanaman-tanaman herbal asli Indonesia dipercaya bahkan sampai sekarang.

Tanaman-Tanaman Herbal Asli Indonesia

Di bawah ini akan kita pelajari tanaman-tanaman Herbal asli Indonesia yang mana sangat dipercaya memiliki khasiat besar untuk menyembuhkan penyakit.

Tanaman herbal yang pertama adalah Kembang Telang (Clitoria Ternatea). Ciri dari tanaman merambatr ini adalah berbungan biru, daun majemuknya bersirip, bentuknya bulat telur, dan tepi rata. Warna daun tanaman herbal ini hijau. Manfaatnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan, mengobati penyakit kulit, melancarkan haid, menghilangkan jerawat dan menyembuhkan mata merah.

Tanaman herbal yang kedua adalah Daun Patikan Kebo (Euphorbia Hirta). Biasanya tanaman ini dikenal dengan Biji Kacang, Sosononga, Gendong anak, atau Nanangkaan. Ciri dari tanaman ini adalah tingginya kira-kira 50 cm, daunnya tunggal dan berhadapan, pangkal dan ujungnya runcing, lanset. Tepi daunnya bergerigi, permukaan serta bagian atas dan bawah berbulu, pertulangannya menyirip dan panjangnya dari 5-50 cm, lebarnya dari 0,7-1mm dengan warna hijau keunguan. Manfaat dari tanaman Daun Patikan Kebo ini untuk obat anti inflamasi, batuk, sariawan dan peluruh air seni.

Tanaman Herbal yang selanjutnya asli dari Indonesia adalah Daun Bayam Duri (Amaranthus Spinosus). Biasanya tanaman ini dikenal dengan hayum Keri, Tarayuk Lakek, dan Senggang Cucuk. Ciri-cirinya tingginya mencapai 0,4-1,5m, batangnya berduri, daunnya tunggal tersusun dan tersebar di sekeliling batang. Bentuk daunnya hijau bulat hampir sama dengan telur yang memanjang. Ujung dan pangkalnya runcing. Manfaat dari tanaman ini untuk obat demam, wasir, dan radang saluran pernapasan.

Selanjutnya ada Daun Keji Beling (Strobilanthes Crispa). Tanaman ini dikenal juga dengan nama Lire, Reundeu Beureum, Remek Daging atau Sambaing Geteh. Ciri dari tanaman ini adalah memiliki batang basah dan sekilas mirip dengan rumput dengan batang tegak. Tingginya dari 1-2m, batangnya beruas, bentuk batangnya sendiri bulat dengan diameter dari 0,12-0,7 cm. batangnya berbulu kasar dengan percabangan monopodial. Kulit batangnya ungu dengan bintik hijau di saat masih muda dan saat menjadi tua, berubah jadi coklat. Manfaat dari Keji Beling ini untuk mengobati kencing manis, kencing batu, tumor, sembelit, diabetes mellitus, kolesterol tinggi, gatal-gatal, diare dan sakit kuning.

Tanaman Herbal asli Indonesia yang berikutnya adalah Lidah Ular (Oldenlandia Speciosa) yang juga dikenal dengan nama Kremeh, Keci atau Kermah. Tanaman yang biasanya tingginya dari 20-50 cm ini memiliki daun tunggal yang tersusun berhadapan sepasang. Tepi daunnya rata dengan panjang 1,5-2 cm. warna daun Lidah Ular ini hijau dengan ujung yang runcing. Manfaat Lidah Ular adalah untuk obat tumor.

Yang terakhir ada Daun Katuk. Rasanya anda sudah familiar yang dengan tanaman herbal yang juga dikenal dengan nama Simani, Karekur, dan Cengkok Manis ini. khasiatnya untuk melancarkan ASI, obat bisul dan borok serta obat demam. Ternyata Indonesia menyimpan banyak sekali tanaman Herbal yang bisa digunakan sebagai obat alternatif.

0 Response to "Tanaman Herbal asli Indonesia Ini Berkhasiat untuk Tubuh"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel