Tanaman Herbal Berkhasiat yang Dapat Ditemukan di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Karena itulah, begitu banyak tanaman maupun tumbuhan yang dapat hidup dengan subur. Bahkan Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat kata akan berbagai tanaman herbal yang dibuktikan memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit maupun gangguan. Bahkan sejak nenek moyang dahulu, beberapa tumbuhan selalu digunakan sebelum mereka mengenal obat dalam kemasan.

Indonesia Sangat Kaya akan Berbagai Tanaman Herbal Terbaik

Baik luar maupun penyakit dalam, nenek moyang bangsa Indonesia dahulu tidak menggunakan obat dokter melainkan meracik sendiri obatnya dengan menggunakan berbagai macam tanaman herbal alami yang tumbuh di sekitar mereka. Saat ini memang tidak banyak orang yang masih menjaga tradisi seperti ini dengan menggunakan racikan obat herbal sendiri karena mereka lebih percaya dengan efek obat modern bahkan sebagian juga ada yang rela untuk berobat ke luar negeri pula.

Padahal obat modern pasti memiliki efek samping dan nantinya akan berdampak jangka panjang dan akhirnya menimbulkan penyakit yang lainnya lagi. Belum lagi, obat modern jauh lebih mahal dan belum tentu akan langsung efektif bagi tubuh. Ada yang menimbulkan ketergantungan sehingga dengan kata lain, jika tidak mengonsumsi obat tersebut, maka penyakit akan kambuh. Untuk itulah, banyak orang yang lebih memilih obat tradisional meskipun khasiatnya akan terlihat sangat lama.

Tanaman Herbal Apa Saja yang Bisa Ditemukan Dengan Mudah di Indonesia?

Bahkan ada beberapa tanaman herbal alami yang sejak dulu masih digunakan di dalam pembuatan obat alami masa kini dengan sistem dan proses yang lebih modern atau higienis sebagai berikut:

  • Daun Jarak
Sudah sejak jaman sebelum pengobatan modern ditemukan, daun jarak sudah sangat terkenal dan populer di seluruh wilayah Indonesia sebagai tanaman alami untuk obat. Bahkan tidak lagi mengherankan jika tanaman ini dimasukkan ke dalam jenis apotek hidup. Bahkan sebenarnya bukan hanya bagian daunnya saja yang digunakan sebagai obat karena biji maupun buahnya juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena itulah para penjajah jaman dulu sering membawa tanaman tersebut untuk dibawa pulang ke negara mereka. Daun jarak sangat dipercaya mampu untuk mengobati bengkak karena luka, rematik, jamur kulit, luka berdarah, gatal-gatal dan sebagainya. Selain itu, untuk anak-anak, daun jarak mampu untuk mereakan perut kembung.

  • Daun dewa
    gambar via : google
Apakah Anda pernah mendengar tanaman yang disebut dengan daun dewa? Ini merupakan salah satu tanaman apotek hidup yang tumbuhnya pada dataran dengan ketinggian sekitar 200 hingga 800 diatas permukaan laut. Masyarakat yang tinggal di dataran Jawa memberi nama tumbuhan ini dengan sebutan sebagai daun sabung nyowo yang arti bahasa Indonesianya adalah daun penyambung nyawa. Sesuai dengan namanya, memang benar bahwa daun ini memiliki manfaat mampu untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit yang kronis seperti pendarahan, diabetes militus, wasir, tekanan darah tinggi dan kanker. Selain itu, daun dewa ini juga mampu membersihkan dan menyerap racun serta mengobati luka memar bahkan masih memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Tidak heran disebut dewa karena mungkin khasiatnya yang besar.

  • Daun Pegagan
    gambar via: google
Daun pegagan sangat sering dijumpai yang di wilayah Asia Tenggara dan Afrika karena hidupnya yang berada di sekitar sungai. Bagian batang dan daunnya santay penting untuk menyembuhkan luka bakar dan juga bisa dijadikan sebagai obat mengurangi kecemasan dan sumber dari antioksidan sehingga tidak heran, tanaman ini selalu diburu banyak orang.

Inilah berbagai macam tanaman herbal berkhasiat yang sejak dulu populer sebagai obat alami.

0 Response to "Tanaman Herbal Berkhasiat yang Dapat Ditemukan di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel