5 Tips Merawat Laptop Baterai Tanam Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Tips merawat laptop baterai tanam agar lebih awet dan tahan lama sebenarnya sangatlah mudah dan tidak begitu ribet. Kamu hanya perlu memperhatikan beberapa langkah sederhana saja, sama seperti cara merawat laptop baterai konvensional atau removable pada umumnya. Seperti yang kita ketahui, sebagian besar produsen laptop saat ini meluncurkan laptop terbarunya dengan baterai non-removable atau baterai tanam. Hampir semua laptop keluaran terbaru pasti memiliki model baterai tanam. Sebut saja Asus Zenbook, Apple Macbook, Chrome, dan lain sebagainya.
Via : ShopBack

Nah, bagi kamu yang saat ini masih belum mengetahui bagaimana sih cara merawat laptop baterai tanam agar lebih awet dan tahan lama, simak beberapa tipsnya berikut.

  • Perhatikan Penggunaan dan Proses Charge
Perlu kamu ketahui, apabila laptop keluaran terbaru saat ini sudah dirancang secara khusus untuk mencegah terjadinya over-charge. Sehingga, tidak ada masalah apabila kamu mencolokkan laptop ke listrik satu hari penuh ketika berada di rumah atau kantor.

Kendati demikian, bagaimanapun juga selama proses charge berlangsung juga dapat memicu panas berlebih pada laptop. Oleh karena itu, jika kamu berniat menggunakan laptop sambil di charge, perhatikan ventilasi ruangan dan posisi laptop. Pastikan laptop mendapat sirkulasi udara yang cukup agar tidak mudah panas dan tentunya lebih awet.

  • Perhatikan Suhu Laptop
Tips merawat laptop baterai tanam agar lebih awet dan tahan lama selanjutnya adalah selalu memperhatikan suhu pada laptop. Jangan sekali-sekali meletakkan laptop di dalam ruangan yang terlalu dingin dan terlalu panas. Kondisi seperti itu bisa mempengaruhi kinerja dan umur baterai laptop kamu.

Pastikan kamu mengoperasikan laptop di dalam ruangan dengan suhu yang stabil, tidak terlalu panas dan dingin.

Hindari pula menggunakan laptop diatas bantal atau kasur, pasalnya kedua benda ini sudah terbukti bisa meningkatkan suhu panas pada laptop.

  • Hindari Membiarkan Baterai Laptop Hanya Tersisa 0%
Mungkin tips ini sudah sering kamu baca atau kamu dengarkan dari teman-temanmu. Ya, sudah menjadi kewajiban kita untuk tidak mengoperasikan benda elektronik hingga daya tersisa 0%. Baik itu smartphone ataupun laptop.

Jelas ini adalah perilaku yang salah, namun masih banyak orang melakukannya. Perlu kamu ketahui, apabila laptop dan baterai itu mempunyai masa pakai dalam jangka waktu tertentu.  Ketika kamu seringkali mengoperasikannya hingga daya baterai tersisa 0%, maka hal ini bisa mengurangi umur baterai itu sendiri.

Oleh karena itu, pastikan kamu charge laptop sebelum daya baterainya habis 0%. Mungkin sebaiknya kamu charge laptop ketika baterai tersisa 25% atau 30%. Dengan demikian, laptop baterai tanam milikmu akan lebih awet dan tahan lama.

  • Pastikan Baterai Laptop Selalu Terisi
Faktor lain yang bisa menjaga laptop baterai tanam lebih awet dan tahan lama adalah tingkat daya yang dimiliki baterai. Tips ini khusus bagi kamu yang ingin menyimpan laptop dalam waktu yang cukup lama. Ketika kamu berniat tidak akan mengoperasikannya, pastikan daya baterainya tetap terisi.

Salah satu produsen laptop terkenal HP menyarankan agar baterai laptop diisi 50% - 70 % ketika akan disimpan di temperatur 20-25 derajat celcius.

  • Umur Baterai Laptop
Kira-kira, kamu sudah mengetahui belum berapa lama baterai laptopmu bisa bertahan dalam kondisi bagus?

Asus sendiri menjelaskan apabila baterai mereka bisa bertahan pada kondisi yang prima antara 300 – 500 siklus charge. Hal ini berarti, baterai laptop akan bertahan di dalam kondisi yang bagus selama 18 bulan. Baru kemudian kondisinya menurun seiring berjalannya waktu.

Tentu saja, setiap merek laptop mempunyai masa pakai baterai yang berbeda-beda. Itu tadi adalah sedikit penjelasan mengenai 5 tips merawat laptop baterai tanam agar tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, silahkan tinggalkan komentar jika ada poin-poin yang salah.

2 Responses to "5 Tips Merawat Laptop Baterai Tanam Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel