Beberapa Tanaman Herbal Berkhasiat yang Bisa Redakan Nyeri Haid

Setujukah Anda bahwa wanita dianggap sebagai makhluk yang paling istimewa? Wanita memang berbeda dari pria dan salah satu pembedanya adalah wanita memiliki tamu spesial bulanan yang selalu datang yaitu haid. Ketika tamu bulanan ini muncul, maka akan terjadi perubahan yang cukup kompleks dari segi tubuh hingga emosi. Ada tanaman herbal yang dikenal mampu untuk meredakan nyeri haid yang selalu menyakitkan bag wanita.
Asam

Redakan Nyeri Haid Dengan Tanaman Herbal

Kala haid datang, biasanya wanita akan akan mengalami perubahan baik dari segi fisik, kesehatan maupun juga emosi. Sebagian wanita mungkin tidak peduli atau sudah sangat terbiasa dengan hal ini maupun juga tidak memiliki masalah dan haid adalah sesuatu yang biasa dan tidak menyakitkan bagi mereka. Namun sebagian lagi mungkin justru sangat tidak senang dengan momen-momen kala haid muncul. Sebenarnya ada tanaman herbal yang bisa membantu untuk mengurangi gejala buruk itu.

Gejala buruk yang sering terjadi adalah sering emosian atau cepat marah, sering cepat merasa lelah, badan rasanya sakit semua hingga nyeri haid pada perut yang bahkan tidak tertahankan bagi sebagian wanita. Nyeri haid juga beragam. Ada yang mengalaminya hanya diawal-awal datang bulan, ada yang mengalaminya terus-menerus hingga berakhirnya datang bulan, ada yang sakitnya biasa saja namun ada pula yang rasa sakitnya bisa membuat seseorang tidak bisa beraktivitas normal.

Menurut dr. Prapti Utami, M.Si, salah satu cara yang paling baik untuk bisa mengurangi, meredakan bahkan mengatasi nyeri haid yang selalu dialami oleh wanita setiap bulannya adalah dengan mengonsumsi dan meracik tanaman herbal alami untuk dijadikan sebagai ramuan yang bisa membuat perut mereka merasa nyaman tanpa efek samping apapun. Selain baik untuk kesehatan, beberapa diantarannya juga melancarkan datang bulan sehingga tidak akan menimbulkan sakit.

Apa Saja Tanaman Herbal yang Cocok Untuk Mengurangi Nyeri Haid

Anda bisa meracik dan menemukan tanaman herbal nyeri haid dengan baik di sekitar Anda bahkan tidak perlu harus membayar mahal untuk membeli bahannya sekalipun seperti:

Vitex

Mungkin nama Vitex masih belum dikenal di Indonesia namun di Cina, tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman obat yang tradisional dan namanya adalah Man Jing Zi. Tanaman ini cocok untuk wanita yang sedang datang bulan sebab mampu untuk mendorong sebuah kelenjar yang disebut dengan pituaitari supaya mampu meningkatkan adanya produksi dari hormon prosgesteron. Intinya, Vitex ini cocok untuk menyeimbangkan hormon yang sangat tepat dan biasanya Anda bisa menemukannya sudah dalam bentuk suplemen.

Daun jambu biji

Ketika mendengar nama daun jambu biji, mungkin di pikiran Anda adalah ini merupakan obat yang pas untuk diare. Memang benar bahwa daun jambu biji ini cocok untuk anti diare. Namun fungsi lainnya adalah untuk menyembuhkan luka dengan cepat sekaligus bisa meredakan nyeri haid. Tidak heran air rebusannya diminum oleh banyak wanita saat haid.

Asam jawa

Asam jawa dikenal sangat cocok untuk menghilangkan mual. Karenanya jika Anda sedang bepergian, banyak orang yang membawa permen asam. Namun selain itu, kandungan asam amino yang terdapat di dalamnya termasuk flavonoid juga sangat baik untuk meredakan nyeri.

Daun tapak liman

Daun ini sering ditemukan di tanah lapang atau lapangan terbuka. Bentuknya mungkin biasa saja sehingga banyak orang menghiraukannya karena tidak tahu dan sering dianggap hanya tanaman liar biasa. Namun siapa yang menyangka jika penyakit seperti batu ginjal, demam, rematik bisa disembuhkan dengan menggunakan tanaman ini. Selain itu, tapak liman bisa mengurangi nyeri haid.

Inilah beberapa tanaman herbal yang bisa meredakan nyeri selain kunyit sehingga Anda tidak perlu lagi harus selalu mengalami kesakitan setiap bulannya selama haid.

0 Response to "Beberapa Tanaman Herbal Berkhasiat yang Bisa Redakan Nyeri Haid"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel