Beragam Khasiat Ramuan Herbal Dari Tanaman Sirsak

Buah sirsak meruapakan varian buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Padahal sebenarnya tanaman sirsak bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Karibia. Mungkin Karena cocok dengan iklim di Indonesia, tanaman sirsak dapat dengan mudah tumbuh sehingga akhirnya stok buahnya pun melimpah.  Tanaman ini juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat herbal bagi beberapa penyakit. Tidak hanya buahnya yang enak, daunnya pun memiliki manfaat yang luar biasa.

Buah sirsak sendiri memiliki rasa yang manis dan menyegarkan sehingga disukai banyak orang. Kandungan serat dalam daging buahnya juga cukup banyak, dimana pada setiap 100 gram dagingnya terdapat kandungan serat sebesar 3,3 gram. Kandungan serat tersebut cukup untuk memenuhi 13 persen serat yang dibutuhkan tubuh kita setiap harinya.  Tidak hanya kandungan serat yang tinggi, di dalam buah sirsak juga terdapat kandungan zat bermanfaat lainnya diantaranya karbohidrat, vitamin B1 & B2 , serta vitamin C.

Sebagai tanaman yang multi manfaat, tanaman sirsak juga dapat dimanfaatkan daunnya sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan sampai yang kronis. Salah satu cara yang paling digunakan untuk memanfaatkan daun sirsak sebagai ramuanherbal adalah dengan merebusnya dan meminum airnya. Air rebusan daun sirsak mengandung acetogenin yang merupakan kumpulan senyawa aktif yang dapat membunuh racun dalam tubuh. Zat tersebut akan menghambat perjalanan ATP (adenosine trifosfat) yang meruapakan salah satu zat yang membantu laju pertumbuhan sel kanker.

Berikut ini adalah beberapa khasiat daun sirsak sebagai bahan herbal.

  • Menghambat pertumbuhan kanker
Informasi tentang manfaat daun sirsak sebagai herbal anti kanker memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat.  Menurut beberapa penelitian, ditemukan fakta bahwa daun sirsak memiliki kemampuan untukmenyembuhkan kanker lebih baik dari kemoterapi.  Acetogenin yag terkandung didalamnya menjadi senjata ampuh untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk herbal kanker, yang perlu dilakukan adalah merebus kurang lebih 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air untuk kemudian meminum airnya. Untuk merasakan khasiatnya secara maksimal , penderita kanker disarankan untuk meminum ramuan herbal dari rebusan daun sirsak ini setiap hari.

  • Mengobati asam urat
Kandungan pada daun sirsak  yang berguna untuk mengobati asam urat diantaranya caclourin, annomuricin, asam gentisic, dan asam linoleat. Penyakit asam urat sendiri meruapakan salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan orang Indonesia yang biasanya dipicu oleh makanan.

  • Mengobati diabetes
Sirsak kaya dengan kandungan antioksidan yang dihasilkan karena adanya senyawa , bioflavonoid, dan saponin. Senyawa tersebut terbukti mampu menormalkan kadar gula darah pada tubuh kita.

Daun Sirsak Dapat Meningkatkan Kesuburan dan Membasmi Kutu

Beberapa penyakit lainnya yang dapat diobati dengan meminum ramuan herbal rebusan daun sirsak antara lain kolesterol, kista ovarium, dan paru-paru.  Bagi anda yang lama belum punya keturunan daun sirsak juga dapat digunakan sebagai salah satu solusinya karena dapat membantu meningkatkan jumlah sperma serta memperkuat rahim. Dengan begitu peluang untuk hamil akan terbuka lebar.

Tidak hanya mengobati penyakit, daun sirsak ternyata juga dapat digunakan untuk membasmi kutu rambut.  Caranya adalah dengan  menggunakanair rebusannya untuk mencuci rambut.

Itulah beberapa khasiat sirsak sebagai tanaman herbal yang bisa anda coba sebagai alternative pengganti obat-obatan kimia. Bagi anda yang belum sakit meminum air rebusan sirsak juga tidak ada salahnya, sebagai salah satu upaya pencegahan dari seragan berbagai macam penyakit. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buahnya karena juga sangat bagus untuk kesehatan. Tnaman sirsak juga sudah seharusnya ada di pekarangan anda agar lebih mudah jika membutuhkannya sewaktu-waktu.

0 Response to "Beragam Khasiat Ramuan Herbal Dari Tanaman Sirsak"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel