Berikut Ini Hewan Qurban Yang Layak Dan Cara Menyembelihnya

Hari raya Idhul Adha tahun 2018 ini saya kasih tips cara memilih hewan qurban yang layak untuk berqurban dan tips cara menyembelih sesuia Syari'at Agama Islam dengan benar. Qurban dalam agama Islam adalah bagian rukun ke lima bagi yang mampu dalam finansial seperti halnya ibadah Haji. Semoga kita semua dimampukan dalam segela hal dalam kebaikan Aamiin.

Berikut hal yang membuat hewan Qurban yang layak untuk Qurban dan sahnya:
  • Buta sebelah yang jelas butanya, yang dimaksud adalah buta yang sampai nampak matanya keluar atau tercungkil. Sedangkan jika di matanya putih dan tidak bisa hilang, maka itu tetap sah. Karena butanya bukanlah buta yang jelas dan tidak berpengaruh akan kurangnya dagingnya. Sedangkan jika kedua matanya buta, itu jelas lebih parah. Karena jika sampai dua matanya buta, sulit untuk berjalan, sulit mencari teman dan tidak bisa berkumpul ketika makan.
  •  Sakit yang jelas sakitnya, artinya sakit yang nampak sakitnya yang menyebabkan tambah kurus dan kualitas daging menurun. Di antara penyakit tersebut adalah kudis karena dapat merusak kualitas daging dan kegemukannya.
  • Pincang dan tampak jelas pincangnya artinya tampak jeleknya. Berkaitan dengan pincang adalah bagian kaki atau tangan terpotong. Jelas hal ini tidak sah karena sudah melebihi pincang. Termasuk juga dalam hal ini jika ada bagian yang cacat dan membuat sulit berjalan karena ada penyakit yang menyerang pada bagian tertentu.
  • Sangat kurus hingga tidak memiliki sumsum tulang sampai-sampai tidak enak dipandang. Adapun jika tidak terlalu kurus dan masih memiliki daging pada tulangnya, maka tidak sampai membuat cacat.

Cara Menyembelihnya ada lima yang di pesankan oleh Nabi kita Muhammad  SAW:

Golok harus tajam
  • Jangan perlihatkan pisau kepada hewan yang hendak di potong.( hewan punya perasaan )
  • Jangan terlihat oleh hewan yang lain ketika menyembelihnya.( hewan punya perasaan )
  • Jangan memotong kepala atau kaki sebelum benar benar mati.
  • Pisau harus tajam. Dengan pengujian minimal bisa memotong kertas. Lebih tajam lagi dengan memotong plastik.
  • Potonglah saat hewan mengeluarkan nafas. Akan memperlancar keluarnya darah  Jangan memotong saat menarik nafas.

Nah itu saja semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, semoga kita semua dimampukan untuk berqurban Aamiin. Ok terimakasih salam awet sehat...

0 Response to "Berikut Ini Hewan Qurban Yang Layak Dan Cara Menyembelihnya"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel