Jaga Kesehatan Jantungmu, Terapkan Kebiasaan Ini!

Penyakit jantung adalah penyakit non-menular yang merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Angka kematian akibat penyakit jantung dari tahun ke tahun terus menglami peningkatan dimana sebuah penelitian memperkirakan jika pada tahun 2030 akan ada 23 juta jiwa yang terenggut nyawanya karena penyakit jantung.

Dalam keseharian juga banyak sekali kita mendengar informasi tentang kasus kematian mendadak yang mayoritas adalah akibat adanya serangan jantung tiba-tiba. Apalagi  terkadang adanya gangguan kesehatan pada jantung ini  justru tidak disadari oleh penderitanya.

Agar resiko terkena serangan penyakit jantung dapat terhindarkan maka mulai  dari sekarang anda harus merubah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan menerapkan beberapa kebiasaan baik berikut ini.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Perhatikan gejala tidak biasa yang mungkin  dialami tubuh anda, misalnya saja jika anda beberapa kali mengalami kesulitan dalam bernafas, bengkak pada kaki dan tangan, sering ngos-ngosan saat beraktifitas, dan sebagainya.  Ada baiknya jika anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah perubahan tersebut merupakan tanda adanya kelainan pada jantung.

Rutinlah berolahraga untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru dan juga menjaga berat badan anda. Setidaknya luangkan 30 menit dalam sehari untuk melalkukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging, berenang, dan yoga. Jika terpaksa tidak sempat berolahraga karena jadwal yang begitu padat, seringlah menggerakkan kaki dan tangan pada masa istirahat serta lakukan pemanasan ringan yang dapat memompa jantung. Jangan terlalu banyak duduk, sempatkanjalan kaki walau sebentar.

Perbanyak minum air putih. Air putih memang telah terbukti mampu menjaga kita dari timbulnya berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung. Karena itu sebaiknya sesibuk apapun anda jangan sampai lupa untuk minum air putih sesering mungkin. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Seperti yang telah disebutkan di poin atas, bahwa makanan berserat sangat baik untuk kesehatan jantung karena kadar kolesterol lebih terkontrol. Beberapa makanan yang terkenal tinggi akan serat adalah pisang, alpukat, apel, buah pir, brokoli, wortel, bayam, gandum utuh, kacang kdelai, kacang merah, dan beras merah.

Rutinlah melakukan cek tekanan darah. Rutin mengecek tekanan darah setiap hari dapat mencegah penyakit jantung. Tensi darah yang tinggi meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke. JIka tensi anda tinggi segera lakukan pengobatan agar efeknya tidak berkepanjangan.

Yang Harus Dihindari untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Batas konsumsi makanan yang mengandung  kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi terbukti menyebabkan beberapa masalah pada jantung. Hindari makanan pemicu naiknya kolesterol darah seperti daging berlemak, cokelat, mentega, sosis, dan biscuit. Selain itu juga batasi penggunaan garam pada makanan. Sebaliknya banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang berserat dan ikan-ikanan. Ini juga berlaku pada pasien yang sudah mengalami gangguan pada jantungnya.

Hindari stress. Setiap orang pasti memiliki masalah yang terkadang bisa memicu timbulnya stress yang dapat memicu peningkatan adrenalin sehingga kerja jantung lebih keras. Usahakan tetap tenang ketika anda sedang meiliki masalah yang rumit dan jangan berlalrut-larut. Cobalah lakukan meditasi atau yoga jika anda sedang merasa sangat tertekan.

Stop Merokok sekarang juga. Ini adalah salah satukebiasaan  buruk yang sulit dihilangkan terutama bagi kaum pria. Padahal rokok sudah jelas-jelas dapat merusah pembuluh darah dan juga memicu hipertensi yang artinya resiko perokok untuk terkena serangan jantung juga sangat tinggi. Jika anda meroko tidak hanya anda yang akan terkena resiko penyakit, tetapi juga orang-orang yang ada di sekitar anda yang terkena paparan asap dari rokok yang anda hisap.

Itulah tadi beberapa  cara untuk menjaga kesehatan  jantung yang harus mulai anda terapkan dalam hidup anda. Hidup dengan jantung sehat akan membuat anda dapat menikmati indahnya dunia lebih lama bersama keluarga tercinta. Ingat, kesehatan itu mahal harganya, maka selalu jagalah kesehatan anda!

0 Response to "Jaga Kesehatan Jantungmu, Terapkan Kebiasaan Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel