Kelebihan Dan Kekurangan Laptop Yang Memiliki Baterai Tanam

Kelebihan dan kekurangan baterai tanam laptop adalah salah satu pertimbangan terbesar bagi pengguna yang ingin membeli laptop dengan jenis baterai non-removable. Tidak bisa dipungkiri, apabila masih banyak orang yang merasa bingung apakah baterai jenis non-removable lebih menguntungkan atau justru kurang menguntungkan. Mungkin kamu saat ini juga sedang merasa dilema akan hal ini.
Pic By Elppas Story!

Daripada terus kebingungan, langsung saja disimak beberapa kelebihan dan kekurangan baterai tanam pada laptop asus ataupun merek laptop yang lainnya berikut ini.

Kelebihan Laptop Yang Menggunakan Baterai Tanam

  • Baterai Lebih Awet
Inilah keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan ketika membeli laptop dengan baterai non-removable. Jika dibandingkan baterai removable, baterai tanam bisa dipastikan jauh lebih awet. Pasalnya, produsen laptop akan memperhatikan betul bagaimana kualitas dari baterai non-removable yang dipasangkan pada laptopnya.

Tidang mungkin vendor laptop memasang baterai non-removable dengan kualitas sembarangan yang belum teruji kualitasnya. Mengingat, baterai jenis ini susah untuk dicopot sendiri, dan harus ke service center. Kalaupun bisa, tentu membutuhkan alat dan keahlian khusus.

Pada umumnya, baterai yang bisa dilepas akan mengalami penurunan performa setelah 1 tahun penggunaan. Sementara itu, baterai tanam akan mengalami hal serupa dua kali lipat lebih lama. Kondisi seperti ini memberi keuntungan kepada pengguna, karena tidak perlu sering-sering mengganti baterai laptop karena performanya yang sudah menurun. Pengeluaran untuk merawat laptop menjadi lebih berkurang.

  • Desain Laptop Yang Lebih Tipis
Kelebihan laptop dengan baterai tanam yang selanjutnya adalah bodinya lebih slim atau tipis. Kita bisa buktikan dengan banyaknya laptop keluaran terbaru yang desainnya begitu tipis dan bagus. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna yang sangat mementingkan penampilan dari laptopnya.

Jika kamu memang suka dengan laptop yang elegan dan slim, maka baterai non-removable cocok untuk dipilih. Sekarang kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

Kelemahan Baterai Non-Removable Pada Laptop

  • Sulit Untuk Mengganti Baterai dan Memperbaiki Ketika Ada Kerusakan
Memang betul sekali, laptop dengan baterai non-removable itu lebih awet dibandingkan baterai removable. Kendati demikian, bukan berarti baterai non-removable itu tidak akan pernah mengalami kerusakan atau ngedrop. Namanya juga barang elektronik tentu memiliki masa pakai tersendiri.

Ketika baterai sudah harus diganti, mau tidak mau kita harus pergi ke tukang service laptop atau service center. Pasalnya, kita tidak bisa mencopot dan memasang baterai sesuka hati, layaknya pada laptop dengan baterai removable. Ketika ingin mengganti baterai, kita harus membongkar bagian dalam laptop yang tentu saja sangat rumit. Dibutuhkan skill khusus agar bisa melakukannya sendiri.

Kondisi  seperti ini juga berlaku ketika mesin bagian dalam laptop ada yang rusak, kita harus membongkar laptop terlebih dahulu agar bisa memperbaiki masalahnya. Bagi orang awam, jelas ini adalah suatu hal yang ribet dan lumayan bikin pusing.

  • Sulit Mengantisipasi Kerusakan
Ketika laptop secara tidak sengaja tersiram air, langkah pertama yang seharusnya kita lakukan adalah melepas baterainya. Ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan. Kondisi berbeda ketika laptop kamu memiliki baterai non-removable. Kamu harus lebih berhati-hati agar laptop tidak sampai tersiram air. Karena untuk melepas baterainya sangatlah rumit.

Mungkin itulah beberapa kelebihan dan kelemahan baterai tanam laptop yang bisa saya sampaikan. Semoga ulasan ini bisa menjadi pertimbangan kamu ketika ingin membeli laptop dengan baterai non-removable. Jika ada yang dirasa kurang, silahkan sampaikan di kolom komentar. Mungkin bisa saya tambahkan pada poin-poin di atas agar lebih lengkap lagi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Laptop Yang Memiliki Baterai Tanam "

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel