Makanan-makanan Ini Sangat baik Lho Untuk Kesehatan Ginjalmu!

Fungsi ginjal dalam tubuh kita sangatlah penting. Organ ini adalah penyaring kotoran dari dalam darah yang kemudian dibuang melalui air kencing. Ginjal juga yang mengatur penyerapan air dalam tubuh, tekanan darah, menyeimbangkan kadar elektrolit, dan mengendalikan keasaman tubuh. Sederet fungsi vital inilah yang mengharuskan kita untuk menjaga kesehatan ginjal.

Siapa Saja yang Beresiko Menglami Gangguan Ginjal?

Belakangan penderita gagal ginjal semakin meningkat seiring pola hidup dan konsumsi makanan yang tidak  baik untuk kesehatan ginjal. Tidak hanya mereka yang berusi dewasa yang bisa beresiko mengalami gagal ginjal. Mereka yang berusia muda pun punya resiko yang sama terhadap adanya gangguan fungsi ginjal. Jika ginjal sudah tidak berfungsi akan terjadi penumpukan racun di dalam tubuh kita yang bisa memicu komplikasi dan kematian. Karena itu sebelum semua itu terjadi, marilah kita menjaga pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan – makanan yang dapat membantu kita menjaga kesehatan ginjal.

Jenis makanan yang baik untuk ginjal

  • Buah ceri. 
Bentuknya yang kecil mungil membuatnya sering dijadikan toping penghias kue. Namun tahukah anda jika buah ini kaya akan zat yang penting bagi tubuh kita. Kandungan buah ceri yang dimaksud adalah vitamin c, folat, sitrat,  vitamin B6, magnesium, dan vitamin K. Kandungan sitrat dipercaya mampu mengurangi asam urat yang terdapat dalam aliran darah, sehingga membantu ginjal untuk lebih mudahmengendalikan keasaman tubuh. Selain itu kandungan kalium buah ceri sangat rendah sehingga baik untuk ginjal.

  • Kayu manis. 
Salah satu manfaat kayu manis adalah mengatur kadar glukosa sehingga mampu mencegah naiknya gula darah. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, dapat menyebabkan kelebihan glukosa dalam tubuh yang memicu pada ginjal.

  • Kumis kucing. 
Mempunyai julukan java tea, kumis kucing  berasal dari tanaman Orthosiphon stamineus. Tanaman ini sering dijadikan sebagai salah satu bahan untuk ramuan gangguan ginjal. Beberapa khasiat kumis kucing menyeimbangkan gula dalam darah, menjaga tekanan darah, dan mengandung zat antioksidan bagi tubuh.

  • Bawang. 
Bagipara perokok , bawang sangat baik untuk dikonsumsi karena membantu mencegah kerusakan ginjal akibat kebiasaan merokok. Bawang juga membantu kerja ginjal sebagai filter atau penyaring kotoran dalam darah. Bagi mereka yang sudah mengalami gangguan pada ginjal yang mengharuskan untuk mengurangi penggunaan garam, bawang dapat digunakan sebagai penguat rasa pengganti garam.  Konsumsi garam secara berlebih akan memperberat kerja ginjal. Bagi pasien gagal ginjal, konsumsi  garam dapat menyebabkan pembengkakan dan penumpukan cairandalam tubuh, karena garam tidak bisa dicerna dan dibuang.

  • Sayuran rendah kalium. 
Bagi penderita gagal ginjal, asupan mineral kalium biasanya akan dibatasi. Kalium sendiri sebenarnya banyak terkandung dalam sayuran hijau. Jadi, haruskah puasa makan sayur bagi penderita gangguan ginjal? Tentu saja tidak harus seperti itu. Ada beberapa sayuran yang memiliki kandungan kalium rendah yang aman dikonsumsi dan baik untuk kesehatan ginjal. Adapun sayuran yang memiliki kandungan kalium rendah dan aman untuk ginjal diantaranya kubis, kol, timun, terong, dan lobak.

  • Buah Apel. 
Buah ini memiliki kandungan zat antioksidan  yang tinggi dan kandungan  kalium yang rendah. Apel juga kaya akanserat dan mengandung senyawa anti radang, yang dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal.

Itulah beberapa makan yang sangat baik untuk kesehatan ginjal, baik untuk pencegahan maupun untuk dikonsumsi mereka yang sudah mengalami gangguan ginjal.  Makanan –makan tersebut sangat mudah didapatkan dan juga bukan makanan yang mahal harganya. Jadi, Mulai dari sekarang sering-seringlah mengkonsumsinya agar ginjal anda selalu terjaga dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

0 Response to "Makanan-makanan Ini Sangat baik Lho Untuk Kesehatan Ginjalmu!"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel