Mari Menanam Tanaman Herbal di Rumah

Berbagai macam tumbuhan yang alami bermunculan dan sekarang satu per satu mulai populer di kalangan banyak orang dan dapat digunakan berbagai macam hal. Tanaman herbal bisa digunakan untuk pengobatan bahkan juga bahan untuk memasak. Tidak peduli apapun tujuan penggunaannya, pada dasarnya adalah Anda sendiri bisa menanamnya di rumah atau pekarangan Anda bahkan jika halaman yang Anda miliki tidak luas sama sekali.

Tanaman Herbal yang Kaya Manfaat Bisa Ditanam di Rumah.

Mungkin di rumah Anda sudah banyak tanaman hijau yang unik dan langka maupun juga bunga-bunga yang indah sehingga memberikan warna bagi rumah dan halaman Anda. Akan tetapi, kini sekarang banyak orang beralih ingin menanam tanaman herbal yang bukan hanya bisa mempercantik halaman namun juga bermanfaat bagi penghuni rumah dan juga memiliki nilai jual yang tinggi bila nantinya Anda berhasil untuk menanamnya apalagi jika itu dalam jumlah banyak.

Akan tetapi, keuntungan lainnya adalah, Anda tidak perlu memiliki halaman yang luas seperti kebun yang akan ditanaman pepohononan karena berbagai macam tanaman alami ini justru bisa ditanam hanya dengan menggunakan pot kecil. Ini sangat membantu mereka yang begitu ingin memiliki tanaman herbal sendiri untuk pengobatan, kesehatan, suplemen maupun bahan memasak namun memiliki ruang yang terbatas atau bahkan sama sekali tidak memiliki halaman untuk tanam apapun.

Bahkan sebagian tanaman herbal alami justru sangat baik jika ditanam di area dapur Anda sebab mampu menambah kesegaran bahkan sebagian besar sangat cocok untuk digunakan memasak sehingga Anda bisa tinggal memotong dan memasukkannya ke dalam makanan yang sedang Anda masak sehingga bukan hanya menambah rasa maupun aroma saja. Tanaman itu mampu memberikan manfaat besar di dalam masakan sehingga anak-anak pun juga bisa mengonsumsinya.

Tanaman Herbal yang Bisa Ditanam di Rumah dan Berguna Untuk Masakan

Ada beberapa contoh tanaman herbal ajaib yang begitu baik untuk tubuh dan sangat indah ketika ditanam sendiri di rumah tanpa membutuhkan perawatan yang sangat sulit seperti:

Kemangi atau basil

Kemangi merupakan salah satu bahan alami yang sangat populer untuk dimasak di tambah lagi terkadang, kemangi bisa tumbuh liar di pekarangan rumah. Kemangi sangat terkenal dan semua orang langsung mengetahuinya sebab memiliki aroma yang begitu segar dan sedikit pedas. Kemangi pasti dimiliki oleh sebagian dapur rumah Anda entah itu dalam versi fresh maupun dalam bentuk kering. Selain digunakan untuk memasak, kemangi pun juga digunakan untuk mengusir serangga, antioksidan, pemberi aroma hingga obat. Saat Anda menggunakannya untuk konsumsi, maka kemangi ini akan memberikan banyak sekali manfaat seperti vitamin C, K dan A serta memiliki kalsium dan juga zat besi yang baik.

Rosemary

Rosemary sering digunakan untuk masakan barat dan memiliki cita rasa seperti mint. Rosemary bisa mengusir adanya hama yang ada di dalam kebun termasuk dengan serangga dan nyamuk sehingga tidak heran bahwa banyak sekali orang yang menanamnya di kebun untuk melindungi dari hama yang merugikan tanaman lain. Kucing pun dikenal tidak senang dengan tanaman ini namun untuk manusia, Rosemary memiliki manfaat yang begitu baik karena bisa menghilangkan rasa sakit, bau mulut, melancarkan pencernaan dan sebagainya. Rupanya tanaman ini sering diekstrak sebagai minyak yang sangat baik untuk rambut karena mampu mengurangi iritasi pada kulit, mempercepat adanya pertumbuhan rambut dan juga mampu menghilangkan ketombe. Aromanya pun dikenal mampu meredakan stress.

Inilah beberapa tanaman herbal yang bisa Anda tanam sendiri di rumah bahkan digunakan untuk memasak dengan banyak sekali manfaat kesehatan di dalamnya.

0 Response to "Mari Menanam Tanaman Herbal di Rumah"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel