Memahami Pengertian Sebenarnya Dari Obat Herbal

Seringkali banyak orang yang mengatakan bahwa obat alami jauh lebih baik dibandingkan dengan obat kimia yang modern. Namun bukan berarti jika yang modern selalu tidak baik karena sebenarnya pemahaman Anda tentang herbal masih belum cukup. Banyak orang yang tahu tentang obat alami namun rata-rata dari mereka masih belum memahaminya dengan benar. Anda perlu tahu lebih dulu artinya sebelum Anda bisa mengonsumsi yang sesuai.

Apa Bedanya Obat Herbal dan Kimia?

Pengertian dari herbal diambil dari kata “herba” yang artinya adalah tanaman. Pemahaman tersebut kemudian menjadi jauh lebih luas lagi karena dikaitkan langsung dengan adanya fungsi dan manfaat dari tanaman herba yang diketahui mampu untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Jadi definisinya adalah ini merupakan tanaman yang bisa ditemukan dari berbagai macam jenis dimana di dalam kandungan tanaman tadi memiliki manfaat yang penting untuk menyembuhkan penyakit seseorang.

Tanaman ini juga dapat disebut dengan tanaman alternatif atau tanaman obat sebab fungsinya memang dianggap sebagai bentuk alternatif dari obat-obatanya yang diresepkan oleh dokter maupun obat kimia yang banyak dijual di toko obat atau apotek. Tetapi, pengertian dari kata ini kemudian menjadi jauh lebih lebar lagi dimana ini bukan hanya berasal dari tumbuhan melainkan alami juga berasal dari hewan contohnya teripang yang ekstraknya diambil dan dijadikan obat yang alami.

Dari berbagai macam penjelasan yang ada, obat herbal memiliki arti sebagai obat yang asalnya bisa dari tumbuhan maupun hewan yang telah terbukti memberikan banyak manfaat jika dijadikan penyembuh. Namun bukan dalam bentuk tumbuhan maupun hewan yang sesungguhnya sebab bagian saripati di dalamnya sudah diambil dan kemudian dimurnikan kembali sehingga layak untuk digunakan nantinya. Prinsip dari obat ini adalah peracikan atau proses pembuatan keseluruhannya.

Inilah yang membedakan obat alami dengan obat modern masa kini. Namun sekarang obat modern sudah mulai menggunakan bahan alami seperti tumbuhan tetapi prosesnya dilakukan dengan teknologi yang modern dan higienis dalam laboratorium. Kemudian ditambahkan lagi dengan beberapa zat kimia yang nantinya akan mempercepat proses penyembuhan. Namun dibandingkan dengan obat yang modern, proses peracikan obat alami berdasarkan dengan kaidah turun menurun.

Jangan Salah Mengartikan Obat Herbal dengan Obat Kimia

Jadi proses pembuatan obat herbal alami ini tidak lagi memasukkan adanya zat kimia yang lain melainkan benar-benar murni hanya dengan bahan tanaman atau saripati hewan yang diambil. Saat ini, proses pembuatan dari obat alami juga sudah menggunakan teknologi yang begitu modern dan lulus uji hanya saja tetap dibuat berasarkan kaidah yang sudah dijaga sehingga kemurniannya tidak akan berubah. Karena itu jugalah, efek dari obat ini cenderung lebih lama dibandingkan obat kimia.

Karena itulah Anda jangan sampai salah menerka dan salah paham tentang obat alami. Meskipun ada obat yang dibuat dengan menggunakan kandungan alami dari tumbuhan maupun hewan dan prosesnya pun dilakukan dengan konvensional, namun jika mereka masih mencampurkan bahan kimia, maka obat tersebut tidak dapat dikatakan sebagai obat alami. Berbagai macam penyakit sebenarnya bisa ditangani dan disembuhkan dengan menggunakan obat alami meskipun lama.

Diantarannya adalah penyakit seperti migrain, fibromyalgia, rheumatoid arthritis, sindrom pramenstruasi, eksim, asma, alergi, tanda-tanda menopause, iritasi usus besar hingga penyakit kronis seperti kanker. Yang paling penting adalah menemukan obat sesuai dengan resep dan coba tanyakan dulu pada dokter apakah ada reaksi yang akan terjadi jika menggabungkan antara obat herbal dengan obat kimia maupun bentuk perawatan medis lainnya. Ini dikarenakan obat alami juga memiliki efek masing-masing pada tubuh.

0 Response to "Memahami Pengertian Sebenarnya Dari Obat Herbal"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel