Mengapa Banyak yang Memilih Obat Herbal!

Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, bermunculanlah banyak obat-obatan modern sebagai solusi bagi kesehatan. Namun begitu, ternyata masyarakat Indonesia saat ini justru banyak yang beralih menggunakan ramuan atau obat herbal sebagai alternatif untuk mengobati berbagai macam penyakit maupun untuk sekedar menjaga kesehatan.

Mengobati penyakit dengan ramuan herbal sebenarnya merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang kita yang pada zamannya duku memang belum ditemukan obat-obatan kimia seperti di masasekarang. Mereka memanfaatkan berbagai macam tanaman yang ada di alam untuk dijadikan sebagai obat yang mujarab yang terbukti mampu menyembuhkan berbagai acam penyakit. Beberapa penyakit ringan seperti masuk angin, diare, perut kembung, batuk, dan penyakit penyakit lainnya.

Di Indonesia sendiri tren menggunakan pengobatan herbal mulai menanjak berapa tahun belakangn. Aada banyak hal yang melatarbelakangi beralihnya masyarakat dari obat berbahan kimia ke pengobatan herbal.

Beberapa Alasan Menggunakan Obat Herbal

Alasan yang cukup banyak mengemuka adalah  efek obat-obatan kimiawi yang cenderung berdampak negative jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama dalam masapenyembuhan. Sebaliknya, obat-obatan herbal biasanya tidak memiliki efek samping bagi penggunanya. Apalagi jika si pasien memiliki alergi terhadap obat-obatan kimiawi.

Masalah harga juga menjadi pertimbangan mengapa masyarakat beralih ke obat herbal. Bagi masyarakat di pedesaan khususnya, menggunakan tumbuhan sekitar sebagai obat herbal memang sangat lazim dilakukan. Di pedesaan masih sangat mudah untuk menemukan tanaman yang bisa digunakan sebagai obat herbal seperti daun sirsak, lidah buaya, akar dewa, kumis kucing, dan sebagainya. Biasanya mereka menanam sendiri di pekarangan rumah sehingga jika sewaktu-waktu ada keluarga yang sakit bisa langsung dibuatkan ramuannya.  Terlebih lagi, biasanya jarak dari rumah ke tempat praktek dokter juga cukup jauh sehingga pengobatan herbal menjadi alternative pertolongan pertama bagi mereka yang sakit.

TIdak hanya di masyarakat daerah yang menggunakan obat herbal sebagai pilihan utama. Di daerah perkotaan yang identik dengan semua hal yang serba instan pun masyarakatnya juga sudah banyak yang mempercayakan pengobatan dengan obat herbal.  Biasanya yang digunakan adalah obat atau ramuan herbal yang sudah diracik dan dikemas sehingga lebih praktis.

Biasanya obat herbal ini dikemas dalam bentuk kapsul dan banyak juga yang berupa cairan ramuan dengan berbagai macam bahan dan khasiat. Obat-obat herbal seperti serbuk jahe, kunyit putih, kapsul binahong, dan kapsul jinten dengan mudah dapat kita temukan di took-toko khusus obat herbal maupun di apotik.

Apakah Obat Herbal Bisa Mengobati Penyakit Kronis?

Saat ini banyak sekali iklan atau informasi yang beredar mengenai beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit kronis seperti kanker. Berdasarkan pengalaman beberapa orang memang terbukti obat-obatan herbal juga mampu membantu menyembuhkan  berbagai macam penyakit degenerative seperti kencing manis, hipertensi,  asma, rematik, kanker, dan tumor.

Fenomena ini menurut beberapa ahli bisa terjadi karena obat herbal bersifat kuratif, yaitu menyembuhkan penyakit langsung pada sumbernya. Karena itulah tidak heran jika saat ini banyak pasien penyakit kronis yang lebih memilih diobati secara herbal. Metan mereka cenderung enggan melakukan pengobatan medis karena dianggap banyak memiliki efek kurang baik bagi organ tubuh lainnya.

Nah, sudah tahu kan kenapa sekarang banyak yang lebih memilih obat herbal sebagai solusi kesehatan. Tentunya obat herbal ini tidak bisa kita jadikan sebagai satu-satunya media yang bisa pakai untuk mengobati penyakit, karena ada banyak penyakit yang memang harus ditangani secara medis untuk bisa sembuh.

0 Response to "Mengapa Banyak yang Memilih Obat Herbal!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel