Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Kanker Telinga

 
Pastinya sebagian besar orang kurang begitu familiar dengan penyakit kanker telinga. Memang penyakit ini cukup langka, dan sangat jarang terjadi, akan tetapi tak menutup kemungkinan siapapun bisa terkena penyakit ganas ini.

Penyebab terjadinya kanker telinga

Penyebab seseorang dapat terserang kanker telinga belum diketahui secara pasti. Namun, infeksi yang terjadi pada telinga dapat memacu pertumbuhan sel kanker telinga. Kanker telinga dianggap kronis apabila penderita sudah menderitanya selama kurang-lebih 10 tahun. Telinga terdiri atas tiga bagian yaitu bagian telinga luar, bagian tengah dan bagian dalam.

Untuk itu, gejala-gejala kanker telinga tergantung oleh bagian mana yang diserang oleh sel kanker tersebut, bisa di bagian luar telinga, dalam ataupun tengah. Nah untuk lebih jelasnya mengenai gejala kanker telinga, silahkan anda baca ulasan lengkapnya di bawah ini Gejala-gejala kanker telinga

1. Gejala kanker telinga luar
  • Gejala yang terjadi dapat berupa rasa sakit pada bagian teinga luar yang sakitnya selama satu bulan atau lebih tidak sembuh-sembuh. Jika anda ataupun keluarga anda ada yang mengalami hal ini, segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut apakah rasa sakit tersebut hanya rasa sakit biasa atau gejala kanker telinga.
  • Muncul bejolan yang permukaannya bersisik dan keras serta bewarna merah muda. Terkadang, benjolan tersebut mengeluarkan darah dan nanah.
  • Jika anda mempunyai tahi lalat di selitar telinga, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Takutnya, tahi lalau tersebut dapat mengalami perubahan warna dan ukuran atau tahi lalat yang tumbuh. Jika tahi lalat terasa gatal dan terjadi pendarahan, hal tersebut dapat dicurigai sebagai gejala kanker telinga.

2. Gejala kanker pada telinga bagian tengah
  • Adanya gangguan pendengaran. Yaitu tidak bisa mendengarkan dengan jelas apabila diajak mengobrol dalam jarak yang dekat.
  • Tidak bisa menggerakkkah wajah ke sisi kiri ataupun kanan akibat salah satu telinga terserang gejala kanker telinga bagian tengah.
  • Telinga terasa sakit dan nyeri apabila dipegang daun telingganya. • Keluar cairan seperti darah dari telinga bagian tengah.

3. Gejala kanker pada telinga bagian dalam
  • Terasa nyeri yang berlebihan pada telinga.
  • Kepala terasa sakit akibat dari rasa nyeri yang dirasakan pada bagian telinga dalam
  • Tinnitus, yaitu gangguan pada telinga bagian dalam yang menimbulkan bunyi berdesir, bising, mendengung bahkan kehilangan pendengaran untuk sesaat. Diagnosa kanker telinga

Biopsi: untuk mengetahui apakah ada pertumbuhan sel kanker pada telinga dapat dilakukan dengan pemeriksaan biopsy. Yaitu dengan mengambil sampel dari jaringan pada area yang abnormal di telinga. Biopsi yang dilakukan di telinga akan jauh lebih sulit, untuk itu seseorang yang akan menjalani pemeriksaan biopsy akan dibius secara total agar tidak terasa sakit. Pada pemeriksaan biopsy, dokter tidak melakukan pemeriksaan pada bagian dalam telinga karena akan sangat sulit dan dapat mengganggu struktur lain di sekitar telinga bagian dalam.

CT Scan: pemeriksaan CT scan adalah pemeriksaan lanjutan dari biopsy. Apabila pada pemeriksaan biopsy anda dinyatakan positif, maka barulah dilakukan CT scan. Hal ini untuk menentukan pengobatan yang tepat untuk anda. Cara mengobati kanker telinga Jika kanker telinga bersifat jinak dan tidak mengganggu maka tidak ada perawatan total yang haris dilakukan. Namun apabila pertumbuhan sel kanker telinga tersebut jinak, menyebabkan infeksi dan mengganggu, dokter spesialis telinga akan memberikan antibiotik sampai penderita kanker tersebut membaik dan sembuh total.

Tetapi jika kanker tersebut bersifat ganas maka harus dilakukan pengangkatan sel kanker yaitu dengan jalan operasi. Selain operasi, pengobatan herbal juga dipercaya untuk menyembuhkan penyakit kanker telinga. Hampir semua orang mengetahui akan khasiat kulit manggis dalam menyembuhkan penyakit kanker. Mulai dari penyakit kanker yang langka diderita orang sampai penyakit kanker yang mematikan. Jadi, kulit manggis juga berkhasiat untuk pengobatan kanker telinga. Sekarang, ekstrak kulit manggis dapat didapatkan di mana-mana.

Tetapi ada baiknya untuk berhati-hati dalam memilih obat herbal yang terbuat dari kulit manggis. Sebab, tidak semua obat herbal 100% herbal alami. Tips agar terhindar dari penyakit kanker telinga Sebelum menjadi penyakit apalagi penyakit yang membahayakan yaitu kanker, sebaiknya dimulai dari sekarang untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada telinga. Cara mencegahnya yaitu menjaga kebersihan telinga. Baik pada daun telinga sampai dengan membersihkan kotoran telinga. Ketika membersihkan kotoran telinga, jangan menggunaan benda tajam.

Dan juga jangan mengoreknya menggunakan cotton bud. Karena cotton bud dapat menyebabkan kotoran menjadi semakin masuk ke dalam, sehingga kotoran akan lebih susah dikeluarkan. Sebaiknya cotton bud hanya digunakan untuk membersihkan telinga bagian luar atau daun telinga. Jika kotoran pada telinga anda mengeras, sebaiknya gunakan baby oil atau obat tetes telinga yang dijual di apotek. Untuk penggunaan obat tetes telinga seperti hydrogen peroksida haruslah sesuai dengan dosis.

Karena dosis yang berlebihan dapat berbahaya serta menimbulkan masalah lain pada telinga. Ketika anda membersihkan telinga dan merasakan sakit sebaiknya hentikan. Jika rasa sakit selama dua sampai tiga hari belum juga hilang, segeralah kunjungi dokter spesialis telinga. Karena hal tersebut berhubungan dengan pendengaran anda, jadi jangan sesekali telinga anda mengalami gangguan pendengaran. Berikut ini akan dipaparkan bagaimana cara membersihkan telinga yang aman dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Tips membersihkan telinga yang aman agar terhindar dari penyakit kanker telinga

Menggunakan obat tetes telinga. Teteskan obat telinga sesuai dengan dosis. Jika anda takut menggunakannya, sebaiknya pilih baby oil atau minyak bayi untuk diteteskan ke telinga anda. Biarkan selama beberapa detik sampai obat tetes telinga benra-benar masuk ke dalam. Jika sudah dua hari, teteskanlah air hangat ke dalam telinga anda kemudian miringkan telinga yang telah ditetesi oleh air hangat tersebut sampai kotoran telinga keluar.

Terapi lilin pada telinga atau ear candle. Selain mengeluarkan kotoran, terapi ear candle juga dapat membantu mengurangi insomnia atau susah tidur. Namun, terapi lilin atau ear candle sebainya dilakukan oleh ahli medis atau dokter. Jangan sesekali melakukannya sendiri karena beresiko besar untuk keselamatan anda terutama untuk telinga anda.

Pergi ke dokter spesialis telinga apabila terlalu banyak kotoran yang menyumbat di saluran telinga anda. Membersihkan telinga dengan dokter akan jauh lebih baik dibandingkan membersihkannya sendiri. Hal ini juga untuk mengurangi resiko terjadinya gendang telinga yang pecah. Terkadang sering kali kebanyakan orang membersihkan telinga menggunakan benda-benda yang tajam seperti jepit rambut, peniti, lidi bahkan ada yang cukup ekstrim menggunakan paku.

0 Response to "Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Kanker Telinga "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel