Seni Kuda Lumping Tresno Budoyo Sari Mulyo Pertunjukan Di Balai Desa Budidaya Lampung Selatan

Pulang pas menjelang 17 agustus 2018 ini berkesempatan melihat seni budaya [jaran kepang] kuda lumping, Alhamdulillah ya kebudayaan Jawa ini masih lestari dari jaman saya kecil masih ada hingga sekarang. Nama kelompok kesenian ini adalah Tresno Budoyo pimpinan Bpk Tasri dan siap menerima panggilan se Kabupaten Lampung Selatan. Kudang lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional jawa.
Tarian Kuda Kepang Di Depan Balai Desa Budidaya
Kuda lumping adalah seni tari yang dimainkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari anyaman bambu atau bahan lainnya dengan dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau sejenisnya yang di gelung atau di kepang, sehingga pada masyarakat jawa sering disebut sebagai jaran kepang. Tidak satupun catatan sejarah mampu menjelaskan asal mula tarian ini, hanya riwayat verbal yang diturunkan dari satu genersai ke generasi berikutnya.

Sealin itu ketika keserupan, makanan yang dimintapun aneh, makanan roh seperti kembang 7 rupa, kemenyan, kelapa muda, beling [pecahan] kaca dan telur. Konon, tari kuda lumping adalah tari kesurupan, menggambarkan kalau tarian ini sebagai pengingat masa kerajaan terdahulu yang berperang tidak hanya mengenakan senjata tetapi juga menjalanakan dengan ilmu gaib.

Para penonton pun tidak luput dari fenomena kerasukan ini. Banyak warga sekitar yang menyaksikan pagelaran menjadi kesurupan dan ikut menari bersama penari, dalam keadaan tidak sadar, mereka terus menari dengan gerakan enerjik dan terlihat kompak dengan para penari lainnya. Nah itu sedikit gambaran yang bisa buat sobat menambah info.

Bisa tonton video di bawah ini jangan lupa Subcribe ya
Nah desa kami juga tarian kuda kepang sama percis yang saya gambarkan di atas dari jaman saya kecil hingga sekarang masih ada bahkan pemainnya dari generasi ke generasi bahkan masih kecil sudah di ajarkan atau di didik untuk menari kuda kepang atau jathilan.

Nah itu saja tentang tarian kuda kepang Tresno Budoyo Sarimulyo Desa Bididaya Kec: Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Ok terimakasih salam awet sehat.

0 Response to "Seni Kuda Lumping Tresno Budoyo Sari Mulyo Pertunjukan Di Balai Desa Budidaya Lampung Selatan"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel