Tidak Sarapan, Inilah Efek Buruknya Untuk Kesehatan

Anda tentu tahu jika pagi hari, Anda memerlukan asupan nutrisi untuk memulai aktivitas dan pekerjaan Anda dengan energi dan semangat yang baik. Caranya adalah dengan sarapan. Sarapan sangat penting namun ternyata, banyak orang yang justru skip dengan sengaja melewatkan sarapan. Padahal ini sangat baik untuk kesehatan Anda. Banyak orang yang berpikir, sarapan akan justru membuat berat badan bertambah dan menambah kantuk.
Sarapan

Sarapan Sangat Penting Untuk Kesehatan

Jangan skip sarapan dengan alasan apapun atau bahkan sengaja skip sarapan karena merasa bahwa sarapan justru akan membuat berat badan mereka bertambah atau justru menjadi mengantuk karena terlalu banyak makan di pagi hari. Faktanya, sarapan adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan sebab mampu memberikan konsentrasi baru di pagi hari sebelum Anda melakukan kegiatan dan aktivitas Anda. Meski demikian, masih banyak orang yang tetap teguh pada pendirian.

Mereka tidak mau sarapan dan langsung saja ikut makan di siang hari sehingga perut kosong yang menimpa Anda di pagi hari bisa langsung terisi sekaligus di siang hari. Padahal cara yang Anda lakukan ini justru tidak baik untuk kondisi tubuh Anda. Mungkin Anda berpikir kenyang dan bisa setidaknya menekan kalori maupun juga tidak membuat berat badan semakin bertambah. Tetapi yang Anda lakukan ini justru memiliki efek negatif yang sebaiknya tidak dilakukan rutin setiap hari.

Seperti yang dilansir oleh Times of India, rupanya skip sarapan justru memiliki efek negatif untuk kesehatan Anda bahkan hal tersebut tidak Anda sadari sama sekali. Ketika Anda mengetahui efek buruk apa saja yang diperoleh seseorang jika tidak sarapan, pasti Anda akan berpikir ulang untuk mulai mengonsumsi makanan sehat di pagi hari. Faktanya, tergantung dengan apa yang Anda makan, sarapan tidak akan membuat Anda gendut bahkan memberikan asupan gizi yang penting.

Apa Saja Efek Buruk Pada Kesehatan Jika Tidak Sarapan

Kesehatan tubuh akan memburuk dan beragam gangguan bisa dirasakan Anda jika tidak sarapan dan berikut ini beberapa gangguan dan efek yang akan menimpa tubuh yaitu:

  • Berat badan akan bertambah
Jika Anda skip makan pagi karena takut gendut, maka Anda yang salah sebab makan pagi itu tidak sama dengan makan malam. Menurut studi tertentu, sarapan justru bisa menurunkan berat badan sebab di pagi hari, tubuh akan membutuhkan banyak sekali energi untuk melakukan aktivitas hingga siang hari sehingga asupan makanan yang masuk akan diubah untuk menjadi energi. Namun, jika Anda tidak sarapan sama sekali, otak Anda justru akan membuat Anda makan lebih banyak lagi pada siang hari sehingga di malam harinya, Anda merasa butuh makanan lebih. Inilah yang menyebabkan hal yang tidak Anda inginkan justru bisa terjadi yaitu menjadi gemuk.

  • Resiko terkena penyakit diabetes
Resiko terkena diabetes justru lebih tinggi jika Anda tidak pernah sarapan sama sekali sebab tubuh akan meningkatkan level gula darah secara otomatis bila tidak ada sama sekali makanan yang bisa diproses dan diolah untuk menjadi energi. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Harvard University, para peneliti menemukan bahwa wanita yang sengaja tidak sarapan pagi akan beresiko 20% lebih tinggi dan rentan untuk terkena diabetes dalam tipe 2 dibandingkan mereka yang rutin makan pagi.

Mudah marah

Perut yang lapar justru akan membuat Anda mudah marah dan emosi karena penelitian menemukan bahwa orang yang selalu sarapan diketahui memiliki suasana hati yang jauh lebih baik dan lebih stabil dibandingkan mereka yang belum mengonsumsi apapun sejak pagi hari.

Inilah beragam gangguan yang bisa menimpa kesehatan tubuh Anda jika tidak sarapan sama sekali di pagi hari padahal ini sangat penting untuk membuat semua kegiatan Anda menjadi lancar.

0 Response to "Tidak Sarapan, Inilah Efek Buruknya Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel