Tidak Sulit Untuk Bisa Menanam Tanaman Obat Herbal di Rumah

Bukan lagi rahasia jika saat ini pengobatan tradisional menjadi kembali populer dibandingkan cara instan dengan mengonsumsi obat kimia. Seiring dengan tren herbal yang sedang mendunia, tak sedikit dari mereka yang ingin sekali menanamnya sendiri di pekarangan rumah mereka namun banyak yang berpikir jika menanam tanaman obat sangat ribet. Namun sebenarnya tidak demikian karena perawatannya tidak ada yang terlalu khusus.
Brutowali

Apakah Sulit Menanam Tumbuhan Herbal di Rumah?

Anda tentu mengenal istilah yang disebut dengan apotek hidup. Ini merupakan sebuah pekarangan yang isinya berbagai macam tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk apapun termasuk kesehatan karena dipercaya dan telah dibuktikan mampu mengobati berbagai macam penyakit. Apakah orang lain bisa menanamnya juga di rumah mereka? Anda bisa menanam dengan mudah bahkan sudah pasti aman dan kesegarannya akan terjamin sebab Anda yang merawatnya sendiri.

Anda tidak harus membutuhkan lahan yang sangat luas hanya demi menanam tumbuhan tersebut. Bahkan sebagian bisa ditanam di dalam pot sehingga perawatannya pun tidak ada yang khusus dan Anda bisa memperlakukannya seperti tanaman hias namun memiliki manfaat. Tetapi, tetap ada yang harus Anda perhatikan jika ingin menanam tumbuhan obat tradisional ini di dalam pot karena tanah yang Anda miliki haruslah yang subur sehingga nantinya bisa mengalirkan nutrisi untuk tanaman.

Biasanya tumbuhan herbal yang ditanam dalam pot menggunakan tiga campuran penting sehingga pertumbuhannya pun sangat maksimal yaitu tanah, sekam padi dan juga pupuk kandang maupun kompos. Perbandingannya pun beragam, ada yang 1:1 maupun 1:2 dimana 1 bagian dari pupuk nantinya akan dicampur dengan 2 bagian tanah dan 1 porsi sekam padi. Potnya pun juga harus memiliki diameter cukup luas minimal sekitar 30 cm sehingga hasilnya pun baik dan tumbuh subur.

Apa Saja Tanaman Obat Herbal yang Bisa Anda Tanam di Rumah?

Anda bisa menatanya namun yang paling penting adalah mengetahui tanaman obat herbal apa yang Anda inginkan dan inilah beberapa rekomendasi tanaman obat yang bisa Anda tanam yaitu:

  • Lidah buaya
Sekarang ini siapa yang tidak tahu tentang kehebatan aloe vera atau lidah buaya yang baik untuk kesehatan termasuk kecantikan. Daunnya panjang dan memiliki gerigi di pinggiran dari daunnya. Daging buahnya tebal dan berlendir. Lendir atau gelnya inilah yang sering dijadikan sebagai bahan kecantikan alami sementara dagingnya bisa dikonsumsi untuk kesehatan. Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh lidah buaya ini. Beberapa diantarannya adalah mampu mencegah serangan jantung, menurunkan kadar gula darah, mengobati luka bakar, menyembuhkan kencing manis, menurunkan resiko tekanan darah tinggi, mengobati batuk maupun radang tenggorokkan, melancarkan peredaran darah, bisa menjaga kesehatan dari jantung, menguatkan sistem imun, mampu menyuburkan pertumbuhan rambut Anda hingga kecantikan kulit.

  • Temulawak
Temulawak merupakan salah satu rempah-rempah yang juga mudah untuk ditanam bahkan memiliki begitu banyak manfaat. Ini dikarenakan di dalam temulawak terkanding kurkumin yang diketahui sangat baik untuk tubuh. Kurkumin ini sangat dipercaya mampu untuk menyembuhkan penyakit liver atau hati sekaligus juga mampu untuk menstabilkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Selain itu, untuk anak-anak, temulawak mampu untuk meningkatkan nafsu makan mereka.

  • Daun sirih
Tanaman ini terkenal oleh orang tua jaman dulu karena sering dikunyah dengan kapur karena diketahui di dalam sirih ini memiliki antiseptik yang sangat baik. Antiseptik ini mampu untuk membunuh kuman dan mampu menjadi anti jamur serta antioksidan yang baik. Namun bukan hanya untuk gigi saja melainkan sirih dikenal mampu untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernaan, mengobati luka bakar, menghentikan pendarahan dan obat batuk.

Inilah beberapa tanaman obat herbal yang bisa Anda tanam sendiri di rumah dan begitu bermanfaat.

0 Response to "Tidak Sulit Untuk Bisa Menanam Tanaman Obat Herbal di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel