Wisata Danau Ranu Grati Pasuruan, Liburan Seru Tanpa Khawatir Kantong Jebol

Wisata Danau Ranu Grati Pasuruan, Liburan Seru Tanpa Khawatir Kantong Jebol

Wisata Danau Ranu Grati Pasuruan adalah pilihan terbaik yang bisa Anda coba kunjungi di akhir pekan, untuk sejenak menenangkan pikiran dari padatnya rutinitas kerja sehari-hari. Tempat ini cocok sekali untuk menyegarkan kembali pikiran yang sudah cukup lelah, setelah satu minggu lamanya menanggung beban pekerjaan.


Di Danau Ranu Grati wisatawan akan disuguhi panorama alam yang begitu indah dan terlihat sejuk saat dipandang mata. Duduk santai bersama keluarga di pinggiran Danau Ranu Grati sambil bercengkrama satu sama lain, nampaknya wajib dicoba di akhir pekan nanti.

Jika Anda tertarik untuk mampir ke objek wisata Danau Ranu Grati Pasuruan, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lokasi Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati terletak di Jalan Alpukat Cukurgondang, Desa Ranu Klindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Anda bisa menuju ke lokasi Danau Ranu Grati menggunakan sepeda motor, mobil, ataupun kendaraan umum.

Dari pusat kota Pasuruan Anda bisa tiba di Ranu Grati selama 30 menit perjalanan. Sedangkan jika Anda datang dari Probolinggo, membutuhkan waktu sekitar 90 menit.

Harga Tiket Masuk Danau Ranu Grati

Harga tiket masuk ke Danau Ranu Grati cukuplah terjangkau, yaitu hanya Rp. 3.000 saja. Sehingga, Anda bisa menikmati akhir pekan yang seru dan menyenangkan bersama keluarga tanpa khawatir kantong jebol. Pokoknya, benar-benar tempat yang rekomended deh.

Oh iya, salah satu objek wisata di Pasuruan ini buka sejak jam 07.00 – 17.00, di hari Senin sampai dengan Minggu. Apabila Anda ingin menikmati suasana yang lebih sepi dan tenang, maka bisa berkunjung di weekdays, yaitu hari Senin-Jumat. 

Pesona Keindahan Wisata Danau Ranu Grati

Objek wisata Danau Ranu Grati memiliki luas sekitar 198 hektar, dengan lokasi yang berada diantara ruas jalan Pasuruan – Probolinggo. Lokasinya bisa dikatakan strategis, karena ia juga cukup dekat di sebelah selatan pantai utara.

Nama Danau Ranu Grati sendiri juga sudah dikenal oleh sebagian besar wisatawan dari berbagai daerah,  karena Pemerintah Kabupaten Pasuruan sejak tahun 2000 silam sudah gencar mempromosikan wisata Danau Ranu Grati ini.

Salah satu upaya memperkenalkan Danau Ranu Grati kepada wisatawan adalah dengan diselenggarakannya Lomba Olahraga Air tingkat Jawa-Bali. Nah, apabila Anda kebetulan hobi menyaksikan keseruan lomba olahraga air, maka bisa berkunjung ke Danau Ranu Grati sekaligus piknik bareng keluarga.

Tahukah Anda, ternyata ada legenda menarik mengenai Danau Ranu Grati ini. Menurut cerita warga sekitar, pada zaman Belanda dulu ada sekelompok orang yang nekat untukmelewati danau Ranu Grati dan sampai sekarang orang-orang itu hilang entah kemana.

Sebelum melewati Danau Ranu Grati, mereka sudah diberi peringatan. Konon, di tengah-tengah Danau Ranu Grati terdapat sebuah cekungan besar. Masyarakat meyakini apabila orang yang melewati Danau Ranu Grati maka tidak bisa kembali lagi.

Di samping cerita legenda yang mengejutkan itu, Danau Ranu Grati menghadirkan sebuah panorama alam yang benar-benar memanjakan mata. Wilayah danau yang luas dikelilingi oleh hijaunya pemandangan sekitar, membuatnya cocok sekali untuk menemani waktu santai Anda.

Disana kita bisa menjumpai warga sekitar yang sedang asyik memancing di pinggiran danau. Kawasan Danau Ranu Grati dimanfaatkan oleh petani sekitar sebagai tempat budidaya ikan keramba. Anda bisa menyantap ikan bakar sambil menikmati panorama alam yang ada.

Jika ingin melihat pemandangan yang lebih menakjubkan, silahkan tunggu sampai sore hore. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena Danau Ranu Grati memiliki spot-spot keren untuk berfoto.

0 Response to "Wisata Danau Ranu Grati Pasuruan, Liburan Seru Tanpa Khawatir Kantong Jebol"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel