Wisata Tlocor Dan Pulau Sarinah Di Sidoarjo, Eksotisme Pulau Buatan Yang Berpadu Pantai Indah

Wisata Tlocor Dan Pulau Sarinah Di Sidoarjo, Eksotisme Pulau Buatan Yang Berpadu Pantai Indah
Sumber Foto: pemilu2019.com
Wisata Tlocor dan Pulau Sarinah di Sidoarjo sekarang ini sudah menjadi jujugan bagi wisatawan dari berbagai daerah. Pulau Sarinah adalah pulau buatan yang dibentuk oleh sedimentasi lumpur akibat bencana alam Lumpur Lapindo. Di pulau ini juga terdapat dermaga yang berfungsi untuk memudahkan perahu merapat.

Tidak hanya dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Sidoarjo, Pulau Sarinah juga sering digunakan sebagai pusat riset beberapa kampus dan aktivis lingkungan dengan menanam pohon mangrove di lokasi ini.

Lantas, apa sih keseruan yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke wisata Tlocor dan Pulau Sarinah? Simak selengkapnya berikut ini.

Lokasi Wisata Tlocor dan Pulau Sarinah

Kampung Tlocor Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo.

Cara Menuju Ke Lokasi Wisata Tlocor dan Pulau Sarinah

Untuk bisa sampai di lokasi wisata pantai Tlocor, pertama-tama wisatawan harus menuju ke Dermaga Tlocor terlebih dahulu. Caranya, sesudah jembatan Porong wisatawan bisa menuju ke arah timur yang berjarak sekitar 15 kilometer.

Setibanya di Dermaga Tlocor, wisatawan akan melihat areal yang cukup luas. Areal ini berfungsi sebagai tempat parkir sekaligus tempat istirahat bagi wisatawan. Jarak antara Dermaga Tlocor dan Pulau Sarinah adalah 5 kilometer.

Dari sini wisatawan bisa menyaksikan keindahan Pulau Dem yang ada di seberang. Pulau Dem terbentuk secara alami selama puluhan tahun lalu, sejak jaman Hindia-Belanda.

Dari Dermaga Tlocor, wisatawan harus melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi dengan cara menyewa perahu-perahu yang telah disediakan oleh warga setempat. Sepanjang perjalanan Anda bisa melihat di sekeliling sungai yang kanan dan kirinya dipenuhi oleh pohon bakau, bentuknya seperti api-api.

Lama perjalanan mengendarai di atas perahu ini memakan waktu sekitar 20 menit, dengan catatan air sedang surut dan ombak tidak terlalu besar, sehingga membuat perahu cukup tenang. Namun, jika ombak cukup besar maka membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Pesona Keindahan Wisata Tlocor dan Pulau Sarinah

Pulau Sarinah adalah pulau buatan yang diciptakan oleh Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo atau BPLS. Hanya dalam waktu 5 tahun, Pulau Sarinah memiliki luas mencapai 80 hektar dan tinggi 2-3 meter. Luas ini semakin bertambah setiap harinya, mengingat Sungai Porong yang selalu dialiri Lumpur Lapindo.

Pantai Tlocor menawarkan sebuah pemandangan yang begitu indah, khususnya ketika matahari terbit. Air lautnya yang terlihat bening, menambah eksotisme yang ditawarkan oleh pantai Tlocor. Ketika Anda mampir disini, maka jangan lupa mengabadikan momen dengan berselfi ria.

Pihak pengelola saat ini sedang berupaya untuk membangun Wisata Bahari Tlocor. Tentu saja, mereka juga sedang mempersiapkan fasilitas-fasilitas pengunjung seperti pembangunan hotel & resto, speed boat, dan berbagai warung yang memiliki menu special ikan bakar.

Di sini Anda bisa santai sejenak sambil menikmati keindahan alam di sekeliling yang masih alami. Tidak ada hiruk pikuk keramaian layaknya dikota, yang ada hanyalah sebuah ketenangan dan deretan pohon bakau.

Nuansa hijau yang ada di Pulau Sarinah menjadikannya cocok sekali sebagai tempat refreshing. Karena lokasinya yang cukup unik, wisatawan tentu tidak mau menyia-nyiakan momen indah ini. Banyak dari wisatawan yang foto di Pulau Sarinah kemudian mengunggahnya di media sosial.

Oleh karena itulah, Pulau Sarinah semakin di buru oleh wisatawan. Bicara fasilitas, disana sudah disediakan mushola, tempat penyewaan perahu, kamar mandi, dan sebagainya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai wisata Tlocor dan Pulau Sarinah di Sidoarjo. Kapan Anda akan mampir ke wisata antimainstream ini?

0 Response to "Wisata Tlocor Dan Pulau Sarinah Di Sidoarjo, Eksotisme Pulau Buatan Yang Berpadu Pantai Indah"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel