Modal Dengkul Ketika Mulai Usaha

#flashback

Saya memulai usaha tanpa modal hanya modal dengkul.

Lho kok bisa ya?

Ya bisa lah.

Gimana caranya tuh.

Bukan bagaimana caranya. Nih sedikit cerita nih. Awal merantau cuma bawa baju doang itu pun cuma 3 stel. Terus ongkos makan semua di tanggung sama yang ngajak. Alhamdulillah sangat berterima kasih tak terhingga. Mudah2han jadi amal soleh terus menerus tanpa putus. Aamiin.

Terus merantau kerja apa saja? Ya banyak mulai tukang cuci piring, kuli bangunan, kenek las dan apa saja itu modal nol putul. Dan hasilnya lumayanlah setelah berjuang sekian tahun merantau dari tahun 2000 sampai 2008 bisa beli pekarangan dan beli sapi hehe yah kalo di total senilai 7 juta an selama 8 tahun 😂😂😂😂. Tetapi hasil yang luar biasa besar lho buat saya😀 Alhamdulillah.

Terus tahun 2009 belajar buka usaha sendiri pun tanpa modal. Sedikit pun, tetapi saat kerja sudah belajar nabung alat-alat las dan itu berarti tak harus ada modal bukan? Tabungan juga ga punya mau beli motor untuk cari orderan pun aku waktu itu jual sapi yang hasil nabung bertahun2 itu pun motor bekas dan hasil jual sapi itu habis cuma dapat motor doang saksi hidup masih ada kok hehehe.

Habis itu ya sudah mati-matian cari order pantat panas-panas ga tau hujan ga tau panas pokoknya asik lah.

Nah sampai detik ini ternyata saya baru sadar memulai sesuatu tidak dengan modal. Kalau kata Almarhum Om Bob sadino kedua kakimu itu sudah punya modal 1 milyar. Cuma kisah kasih masa lalu.

0 Response to "Modal Dengkul Ketika Mulai Usaha"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel