Pembuatan Pupuk POC Ala Nina Hendra Wijaya‎

Maswid.net - Berikut ini tulisan saya kutip dari Group FB Tips Inspirasi Berkebun yang di tulis oleh Bu Nina Hendra Wijaya‎

Berikut ini kuitpannya:

Ini terinspirasi dari profesi utama saya sebagai ibu rumah tangga yang seringnya nguprek didapur, kalo udah beres masak, pasti meninggalkan sampah, biasanya sampah-sampah dari dapur, suka saya pisah-pisah antara sayuran dan plastik.

Yang plastik saya bakar (supaya tidak banyak asap bisa dengan cara bakar mengunakan arang dan minyak jelantah) sedangkan yang sampah sisa-sia sayuran saya kumpulkan dalam tong plastik untuk dibuat POC/pupuk organik.

Dan hasilnya saya siramkan ketanaman sayuran seperti bawang daun, cabai, tomat dll yang ada dipekarangan rumah, ini saya nanamnya mengunakan plastik polibag dan disimpan diatas garasi.

Cara bikin POC nya :

Kumpulkan sampah-sampah sisa sayuran atau buah-buahan dalam tong plastik, saya biasanya tiap hari masukinnya, tutup rapat tongnya ya.

Setelah cukup penuh, masukan air perasan batang pisang busuk, tutup aja lagi, biarkan saja nanti juga sayuran tersebut akan menjadi cair karena akan ada bakteri yang menguraikan sampah-sampah tersebut.

Kalo sekitar tempat tinggal tidak ada batang pisang busuk, bisa mengunakan M4 ( beli ditoko pestisida/online) dan 1 kg gula putih untuk satu tong.

Bila sudah cair, bisa dijadikan pupuk dan disiramkan ketanaman.

Biasanya 2-4 minggu sudah mencair.

Memang hasil tanaman tidak sebagus yang mengunakan pupuk kimia, tapi kalo kwalitas sangat berbeda antara yang memperoleh perlakuan pupuk kimia dan organik.

Hasil buahnya lebih tahan lama, lebih segar, dan yang pasti bebas dari zat kimia.


Semoga menginspirasi dan bermanfaat.
Bagi yang sudah pernah bikin Ditunggu sharingnya ya.
Terima kasih.

Sumber: Nina Hendra Wijaya‎

0 Response to "Pembuatan Pupuk POC Ala Nina Hendra Wijaya‎ "

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel