Budaya Acara Khataman Al Quran di Dusun Sarimulyo Sidomulyo Lampung

Maswid.net - Dalam ajaran agama islam tradisi Khataman Al Quran tetap lestari, budaya yang turun temurun ini sangat di minati terutama anak-anak pedesan hingga sekarang. "Khatam Al Quran" yang biasa juga disebut "Tamat Al Quran", adalah upacara yang diselenggarakan untuk menandai selesainya seorang anak belajar mengaji. Dalam upacara ini pesertanya terdiri dari anak-anak yang telah menyelesaikan Juz 'amma atau Iqro. Upacara ini berlangsung dengan dilengkapi serangkaian acara yang sifatnya tradisional.

Berikut ini foto-foto yang bisa saya abadikan:




Acara "Khataman Al-Quran" diselenggarakan dengan maksud menunjukkan rasa syukur ke Hadirat Illahi serta rasa bangga dan bahagia, karena anak-anak telah berhasil menyelesaikan pelajaran membaca kitab Juz Amma, pemberitahuan disampaikan oleh guru mengaji kepada orang tuanya, lalu diteruskan ke masyarakat melalui upacara.

Indonesia sangat kental akan budaya yang beragam. Mulai dari budaya yang sudah terkenal hingga budaya-budaya yang belum terekspos media. Salah satunya adalah Tradisi Nemo. Mungkin sahabat budaya jarang mendengar atau asing dengan tradisi ini bukan?

Nah acara semacam di atas itu masih lestari di tempat tinggal saya hingga sekarang, kebetulan pas saya pulang kampung, karena istri pengen lahiran di kampung halaman, jadi saya bisa menyaksikan adik ipar yang sedang khataman Al Quran.

Prosesi khataman Al Quran seperti biasa dengan rasa bersyukur adik saya ini di siapkan ingkung ayam oleh mertua yang di bawa ke majelis tempat adik ipar saya belajar mengaji dan makan bersama di majelis istilah jawanya guyup.

Lihat Juga: Seni Kuda Lumping Tresno Budoyo Sari Mulyo Pertunjukan Di Balai Desa Budidaya Lampung Selatan

Nah momen seperti ini saya abadikan seperti biasa saya bagian jepret jeprat yang saya masukan di blog ini hehehehe, supaya menambah khasanah akan budaya nusantara dan islam ada di nusantara ini sebagai tempat yang indah dan nyaman dalam mempelajari agama Ilsam.

Nah itu saja budaya di kampung saya tentang khataman Al Quran hanya berbagi coretan saja semoga bermanfaat terima kasih.

0 Response to "Budaya Acara Khataman Al Quran di Dusun Sarimulyo Sidomulyo Lampung"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel