Cari Jamur Merang Padi di Sawah Bersama Anak

Mengingatkan masa kecil dulu sekitar tahun 1990 an saya termasuk paling senang mencari jamur padi atau merang di tengah sawah. Dan sekarang mengingatkan momen dulu bersama anak untuk mencari jamur padi dengan penuh kegembiraan mengambil satu demi satu untuk dikumpulkan di besek dengan penuh canda tawa dan tentunya rebutan hehehe.


Jamur jerami padi biasanya di masak tumis atau di sop atau di goreng tergantung selera selalu nikmat untuk dinikmati bersama nasi putih. Makanan ini kalau di kampung setelah pasca panen gampang ditemui kecuali kalau jeraminya dibakar atau untuk makan ternak ya tidak ada jamurnya.

Jamur merang ini banyak tumbuh di jerami padi setelah panen tiba biasanya antara satu minggu sesudahnya baru jamur merang ini tumbuh dan sudah banyak.

Ini dia bersama anak saya asiknya mencari jamur merang dengan penuh keceriaan pas kebetulan lagi pulang kampung ada urusan bisnis sedikit. Kesempatan pulang kampung ya sudah ahirnya mbolang bersama anak untuk kesawah cari jamur.




Lumayanlah hasilnya untuk di oseng dan dinikmati bertiga bikin perut kenyang lho hahahaha.


Manfaat Jamur Merang Padi

Budidaya jamur ini tidak sulit. Panen dilakukan terhadap tubuh buah yang belum sepenuhnya berkembang (masih kuncup), meskipun tubuh buah yang telah membuka payungnya pun masih bisa dikonsumsi walaupun harnga jualnya menurun.

Jamur merang mempunyai rasa enak, gurih, dan tidak mudah berubah wujudnya jika dimasak, sehingga digunakan untuk berbagai macam masakan, seperti mi ayam jamur, tumis jamur, pepes jamur, sup dan capcay.

Sentra produksi jamur merang di Indonesia terdapat di Dataran Tinggi Dieng. Di negara-negara Asia yang membudidayakannya, jamur merang dijual dalam bentuk segar. Di daerah beriklim sejuk hanya tersedia jamur merang kalengan.

Baca Juga: Mengetahui Jenis Tanaman Herbal yang Mampu Menyembuhkan Asam Urat

Kandungan protein jamur cukup tinggi, dalam 100 gr jamur segar terkandung sekitar 3,2 gr protein, jumlah ini akan bertambah menjadi 16 gr jika jamur berada dalam keadaan kering. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor cukup tinggi, 51 mg dan 223 mg, dan mengandung 105 kj kalori, dengan kandungan lemak rendah, 0,9 gr. sumber: wikipedia

Itulah asiknya yang masih punya kampung pulang pas waktu pasca panen bisa menikamti mencari jamur dan menyantapnya dengan lahap hehehe, Jamur padi emang ku suka apakah sahabat juga menyukainya jamur merang?

Lihat Videonya

12 Responses to "Cari Jamur Merang Padi di Sawah Bersama Anak"

  1. wihihi,,,,saya dulu waktu kecil pas masih tinggal diwonogiri juga suka nyari jamur merang ini mas,,,trus dimasak sama nenek,,,rasanya enak juga,,

    ReplyDelete
  2. Aduh jadi ngiler saya. Jamur biasanya dijual di mall, harganya lumayan mahal

    ReplyDelete
  3. Sejak dulu pengen bisa melakukan aktivitas ini, tapi apa daya jauh dari persawahan hiks. Asyik sekali kan bareng keluarga mencari jamur merang, terus dimasak dan dimakan bersama-sama ... quality time!

    ReplyDelete
  4. wah asyik juga ya gan bisa berburu jamur sama anak-anak, pasti seru banget, dan nanti dimasak bareng-bareng, wah bahagia banget ya gan :)

    ReplyDelete
  5. widih asik nih gan, nyari jamur buat makan,..baru kali ini saya tahu ada jamur sawah ya,...harganya kalau dijual berapa gan,...bisa tidak lebih mahal dari kulat tiung dan kulat pelawan,..ea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya mahal mas

      Di tempat mas ada yg nanam padi ga nah di jerami itu jamurnya banyak

      Delete
  6. kalau di daerah sini jeraminya jadi pakan sapi, gak sempet numbuh jamur merangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 bermanfaat

      Disini jarang ternak sapi kecuali musim kemarau

      Delete

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel