Begini Cara Desain Ruang Tamu Minimalis Dan Modern

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang sangat penting didalam sebuah rumah. Karena bagian pertama yang akan dilihat pada saat berkunjung ke sebuah rumah adalah ruang tamu.  Cara mendesain ruang tamu mencerminkan selera dan karakter dari penghuninya. Untuk itulah mengapa desain ruang tamu menjadi hal yang perlu diprioritaskan.

Berbagai kendala terkadang harus ditemui oleh beberapa orang ketika akan mendesain sebuah ruangan.  Antara lain yang menjadi persoalan adalah bila ruangan tersebut memiliki space yang terbatas. Namun meskipun memiliki ruangan dengan luas dan terbatas, anda tetap dapat mendesain ruang tersebut menjadi menarik dan indah. Untuk anda yang memiliki ruang tamu tidak terlalu besar.  Berikut beberapa ide desain ruang tamu minimalis modern yang perlu dipertimbangkan :

•    Hindari Penggunaan Pembatas atau Penyekat Ruangan

Rumah minimalis biasanya adalah rumah dengan tipe 36. Untuk menyiasati ruang tamu minimalis tipe 36, anda perlu menyiasatinya agar tidak terkesan sempit dan sesak.  Salah satu cara desain ruang tamu agar tidak terkesan sempit adalah dengan cara menghindari banyaknya penyekat antar ruangan. Dengan menghindari penyekat ruangan,  maka kesan luas dan lapang akan lebih terasa pada ruang tamu minimalis.

•    Pemilihan Furnitur yang Fungsional

Untuk ruang tamu minimalis,  sebaiknya anda perlu memilih jenis furnitur yang benar-benar fungsional. Furnitur yang fungsional akan menghindarkan ruang tamu dari kesan penuh dan sesak. Anda dapat memilih untuk menaruh meja atau kursi dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Atau bahkan memilih ruang tamu dengan konsep lesehan dengan menggunakan karpet untuk kesan lebih luas dan lapang.

•    Pemilihan Warna yang Sesuai


Pemilihan warna-warna untuk ruang tamu juga mengesakan selera dan kepribadian pemiliknya.  Warna-warna terang yang diaplikasikan pada ruang tamu mengesankan keramahan bagi siapapun yang berkunjung. Sedangkan warna-warna netral mengesankan kehangatan dan kesan cerah pada ruang tamu.

•    Pencahayaan Ruang yang Ideal

Pencahayaan tidak kalah penting dalam desain ruang tamu yang berkesan modern.  Pencahayaan yang ideal dalam sebuah ruangan mempengaruhi suasana hati dan mood seseorang. Tidak hanya menggunakan lampu, pencahayaan natural juga diperlukan untuk kesan cerah dan terang pada ruang tamu.

•    Meminimalisir Pajangan Dan Perabotan

Pajangan atau hiasan seperti vas bunga,  guci dan lain sebagainya memang akan menambah keindahan dalam sebuah ruangan. Namun untuk desain ruang tamu minimalis,  maka perlu adanya pemilihan yang matang untuk jenis dan tata letak perabotan ini. Usahakan untuk menempatkan perabotan dan pajangan seperlunya saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesan terlalu penuh dan sesak pada ruang tamu anda.


Intip Trik Cerdik Desain Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas Dan Lapang

Memiliki ruang tamu minimalis bukan menjadi kendala besar. Anda tetap bisa menyulapnya menjadi ruang tamu yang rapi dan elegan.  Cara desain ruang tamu antara orang yang satu dan yang lainnya pastinya akan berbeda. Inilah mengapa tampilan ruang tamu akan menyiratkan selera dan kepribadian sang pemilik rumah. Berikut akan diulas beberapa trik sederhana yang perlu anda terapkan ketika ingin menata ruang tamu :
  • Yang pertama dilakukan untuk desain ruang tamu minimalis dan elegan adalah dengan memilih warna dinding yang sesuai. Jangan ragu untuk bermain warna pada dinding ruang tamu. Warna akan mempengaruhi mood sekaligus memberikan kesan yang berbeda pada sebuah ruangan.
  • Trik klasik membuat ruang tamu minimalis terkesan lebih lapang adalah dengan memasukkan cermin cantik sebagai dekorasi.  Cermin yang digunakan sebagai alat untj mendekorasi ruangan.  Maka akan memberi efek lebih luas dan lapang pada ruangan tersebut. 
  • Pilih perabot atau furnitur dengan kesan ringan atau effeortless. 
  • Memilih tema untuk ruang tamu.  Shabby chic,  klasik,  modern dan lain sebagainya dapat dijadikan tema ruang tamu sesuai dengan selera pemiliknya.
  • Jaga selalu kebersihan dan kerapian dari ruang tamu anda.
Demikianlah beberapa tips cara desain ruang tamu.  Baik ruang tamu dengan ukuran besar maupun ruang tamu berukuran minimalis.  Akan menjadi sebuah ruangan yang cantik dan memiliki nilai estetika bila didesain dan ditata dengan cara yang tepat. Lihat Juga: Kontraktor Bandung

Baca Juga: Begini Cara Desain Dapur yang Praktis dan Nyaman Digunakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel