Cara Desain Ruang Keluarga yang Hangat Dan Nyaman

Ruang keluarga merupakan sebuah ruangan yang cukup penting.  Karena ditempat ini merupakan tempat dimana para anggota keluarga saling berinteraksi dan berkumpul disela-sela aktifitas harian yang padat. Untuk itulah diperlukan tips dan cara desain ruang keluarga.  Agar ruangan yang satu ini menjadi sebuah ruangan yang tidak hanya indah,  tetapi juga hangat dan nyaman.

Jangan biarkan keterbatasan ruangan menjadi penghalang untuk anda menjadikan ruang keluarga ini menjadi sebuah ruangan yang nyaman dan fungsional. Dengan beberapa tips sederhana, maka ruang keluarga minimalis pun dapat disulap sedemikian rupa sehingga menjadi tempat favorit untuk anggota keluarga. Ruang keluarga dengan penataan yang simpel namun tetap elegan dapat anda terapkan di rumah.  Berikut tips cara desain ruang keluarga yang simpel namun tetap elegan :

1.    Menentukan Warna Dinding Pada Ruang Keluarga

Warna-warna terang akan membantu memberikan efek cerah sekaligus membantu pencahayaan dalam sebuah ruangan. Warna-warna terang seperti putih,  atau krem tidak hanya memberikan kesan luas dan lapang. Tetapi juga rasa nyaman dan homey pada ruang keluarga anda.

Atau jika anda bosan dengan warna-warna monoton, anda dapat bermain dengan warna-warna cerah.  Warna cerah memberikan kesan hangat dan ramah serta membawa keceriaan. Ini sangat tepat diterapkan jika anda menginginkan desain ruang keluarga dengan kesan colourfull dan ceria.

2.    Dekorasi dengan Tema Natural

Dekorasi dalam sebuah ruangan akan memberikan nuansa yang berbeda pada ruangan tersebut.  Memberi sentuhan dekorasi yang natural akan memberikan kesan lebih hidup dan segar pada ruang keluarga. Dekorasi seperti tanaman hias atau yang lainnya dapat dipilih untuk memberikan kesan lebih hidup pada ruang tamu anda.

3.    Menggabungkan Ruang Keluarga

Untuk rumah berukuran minimalis.  Maka pengaturan antar ruangan perlu benar-benar diperhatikan agar lebih fungsional. Menggabungkan ruang keluarga sekaligus ruang makan dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghemat ruangan. Baca: cara desain dapur

Desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan merupakan salah satu trik cerdas untuk menghemat ruangan pada rumah minimalis. Selain membuat ruangan menjadi lebih lapang dan lega. Dengan menggabungkan dua ruangan maka akan membuat anggota keluarga menjadi semakin dekat.


Trik Menata Ruang TV Dan Ruang Keluarga Ramah Anak

Menghadirkan ruang TV dalam sebuah rumah merupakan sebuah sarana rekreasi yang murah. Diwaktu senggang,  ruangan ini akan digunakan untuk bercengkerama bersama anggota keluarga sembari menonton acara televisi kesayangan.

Desain ruang TV sederhana biasanya digabungkan dengan ruang tamu atau ruang keluarga. Terapkan beberapa tips singkat berikut untuk anda yang sedang merancang untuk membuat ruang TV di rumah:
  • Sesuaikan ukuran TV dengan ruangan
  • Tentukan jarak pandang yang sesuai antara TV dan tempat duduk
  • Tentukan ketinggian yang sesuai untuk meletakan TV
  • Menentukan tempat duduk atau sofa yang sesuai untuk tempat menonton TV yang nyaman
  • Konsep lesehan atau dengan memberi alas duduk yang berupa karpet pun dapat dipilih untuk ruang TV yang ramah anak
Ruang TV biasanya letaknya bersamaan dengan ruang keluarga.  Untuk anda yang memiliki bayi dan balita,  mungkin dapat mempertimbangkan desain ruang keluarga yang ramah anak. Yaitu dengan menggunakan konsep lesehan agar ruang keluarga tampak lebih praktis dan juga fungsional.

Ternyata mewujudkan desain ruang keluarga yang ideal bukan merupakan hal yang sepele. Penataan perabotan dan furnitur yang sesuai juga mempengaruhi hasil akhir dari desain interior rumah anda.  Sudah menemukan cara desain ruang keluarga yang paling ideal untuk rumah anda? 

Baca Juga: 
Anda dapat mencari inspirasi untuk menata ruang keluarga ini. Yaitu dengan cara banyak-banyak membaca dan mencari referensi tentang desain rumah. Dengan mengetahui cara desain ruang keluarga yang tepat,  maka ruang keluarga ini akan menjadi tempat yang tidak hanya nyaman,  tetapi juga estetis dan membuat betah anggota keluarga ketika berkumpul di ruangan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel