Ini Dia Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak Sejak Dini

Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga dan tidak dapat tergantikan oleh apapun. Melihat buah hati yang sehat dan berkembang sesuai dengan umurnya pasti menjadi kebahagian tersendiri bagi orang tua. Kesehatan anak merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua.


Menjaga kesehatan anak  ini dapat dilakukan orang tua, yaitu dengan cara memberikan makanan yang sehat dan juga bergizi seimbang. Makanan yang sehat merupakan awal yang baik untuk tumbuh kembang si buah hati. Berikut ini berapa manfaat dari tercukupinya gizi dan kesehatan anak:

•    Menjaga dan Memelihara Kesehatan

Gizi merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan juga meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dengan teecukupinya zat gizi, maka fungsi tubuh menjadi optimal dan dapat mencegah serta membantu penanganan berbagai macam penyakit.

•    Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan tercukupinya zat gizi sejak dini, maka kesehatan anak akan terjaga. Nutrisi dan zat gizi merupakan salah satu komponen yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel tubuh dan menjaga imunitas. Orang tua berperan besar dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak.

•    Sumber Energi

Makanan merupakan salah satu sumber energi dalam tubuh. Energi dibutuhkan untuk melakukan aktifitas sehari-hari seperti bergerak, beraktifitas hingga berfikir. Aktifitas ini membutuhkan energi yang cukup. Dan ini hanya akan mampu terpenuhi jika gizi dan kesehatan anak tercukupi dengan optimal.

Bunda, Bigini Cara Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini

Anak usia dini biasanya dikelompokkan pada anak-anak dengan kisaran umur 1-3 tahun. Dimana dalam masa ini, biasanya anak sudah mulai dikenalkan dengan lingkungan sekolah. Cara menjaga kesehatan anak umur 1 tahun masih dapat dikontrol oleh orang tua. Tetapi cara menjaga kesehatan anak sekolah tentu saja harus diimbangi dengan adanya koordinasi antara guru dan orang tua. Untuk menjaga kesehatan anak usia dini, orang tua dapat menerapkan beberapa tips berikut ini.

•    Jaga Makanan Anak

Anak usia dini adalah periode emas dalam tumbuh kembang anak. Menjaga pola makan anak dapat membantu optimalnya tumbuh kembang sang buah hati. Makanan yang lengkap dan bergizi seimbang merupakan menu makanan yang perlu anda kenalkan pada anak semenjak dini. Hindari pemberian junk food dan juga makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan MSG.

•    Lakukan Imunisasi

Imunisasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan anak. Untuk itulah, sebagai otang tua anda perlu memperhatikan jadwal vaksinasi  yang tepat untuk anak. Kunjungi posko-posko kesehatan untuk mengetahui jadwal imunisasi yang sesuai untuk anak berdasarkan usianya.

•    Istirahat yang Cukup

Anak usia dini masih memerlukan waktu yang cukup untuk tidur dan beristirahat. Dengan waktu tidur yang cukup akan membantu tubuh anak untuk menangkal penyakit, membantu tumbuh kembang  serta membuat daya ingat dan kecerdasan anak menjadi lebih baik.

•    Mengajarkan Gaya Hidup Sehat

Mengajarkan si kecil gaya hidup sehat sejak dini dapat dilakukan orang tua baik dirumah maupun dilingkungan sekolah. Adab-adab sederhana seperti mencuci tangan sebelum makan dapat diajarkan pada anak semenjak dini. Dengan membiasakan gaya hidup sehat, maka kesehatan anak pun diharapkan akan terjaga dengan baik.

Baca: Tidak Sarapan, Inilah Efek Buruknya Untuk Kesehatan

Kesehatan anak merupakan aset yang sangat berharga. Untuk itulah diperlukan pengetahuan orang tua akan pentingnya menjaga kesehatan anak. Selain dengan pemberian makanan sehat, hal yang tak kalah penting adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian. Gaya hidup sehat dapat diterapkan oleh orang tua dari rumah semenjak dini. Dengan menerapkan gaya hidup sehat semenjak dini, maka diharapkan hal itu akan menjadi kebiasaan baik yang akan dibawa oleh anak hingga ia dewasa nanti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel