Jajanan Lebaran Legend di Jaman Kita Kecil

Siapa sih yang tidak ingat waktu kecil dulu apalagi momen bulan puasa seperti saat ini, waktu kecil pas sore kita udah berjalan-jalan sambil menunggu waktu bedug magrib sebaliknya habis sahur setelah shalat subuh berolahraga jalan kaki hingga matahari muncul asik bukan, namun tak kalah seru pas momen hari raya lebaran atau idul fitri sudah pasti yang paling di ingat adalah menu ketupat sayur dan opor ayam dan yang tak kalah serunya aneka jajanan yang berada di atas meja.

Momen yang dirayakan setahun sekali ini sangat membekas kenangan di waktu kecil saya terutama keliling di tempat tetangga sekitarnya saling bermaaf-maafkan dan dilanjutkan menyicipi aneka jajanan.

Rengginang, Tape Ketan, Madu Mongso, Momen waktu Kecil

Nah berikut ini adalah jajanan legend hingga saat ini ada yang masih ada dan ada juga yang sudah tidak ada.

1. Rengginang

Siapa yang tak mengenal rengginang makanan yang terbuat dari bahan baku beras ketan ini dengan cara di masak lalu di jemur dan terahir di goreng adalah makanan yang sangat di gemari dan sudah dipastikan ada pas momen lebaran. Mungkin jajanan yang harus wajib ada hehehe, tetapi saat ini sudah mulai agak langka, namun kalau kita bertamu tempat mbah-mbah makanan ini masih mudah ditemukan. Rengginang termasuk jajanan jenis kerupuk.

2. Jipang

Untuk jajanan yang satu ini termasuk masih agak sejenis dengan rengginang karena bahan bakunya masih menggunakan bahan yang sama yaitu dari ketan, namun jipang ada tambahan bahan baku dengan gula jadi rasanya manis. Jajanan ini termasuk yang saya suka, namun saat ini sudah mulai langka dan susah kita jumpai.

3. Madu Mongso

Madu Mongso juga masih menggunakan bahan yang sama dengan rengginang atau jipang yaitu dengan menggunakan bahan dasar ketan, namun cara pembuatannya madu mongso dengan cara di tape dulu lalu di jenang di campur dengan kelapa dan gula. Namun saat ini jenis madu mongso sudah mulai langka. Hanya orang tua saja saat ini yang menyediakan jajanan jenis ini.

4. Tape Ketan

Masih dengan bahan baku ketan, yaitu tape ketan jajanan yang cara di kukus setelah matang di taburi ragi ini jajanan yang sangat favorit di saat lebaran. Jajanan jenis ini masih sangat mudah dijumpai hampir setiap rumah pasti ada tape.

5. Marning

Jajanan yang terbuat dari bahan jagung kering dengan cara di rebus lalu di jemur dan terus digoreng ini sangat saya gemari, dengan rasa asin maupun manis pedas. Tetapi saya lebih suka yang rasa manis pedas hehe. Jajanan jenis marning ini juga sudah mulai langka tapi saat ini masih bisa kita temui pas momen lebaran.

Baca Juga:
Nah itulah nostalgia jajanan momen lebaran waktu saya kecil hingga saat ini masih terkenang, mulai yang masih eksis juga yang sudah mulai langka, kalau para sobat jajanan favorit apa yang watu kecil masih terngiang?

Ternyata saya ada pengalaman waktu kecil mungkin teman-teman juga mengalami hehehe, pengalamannya adalah di kaleng biskuat kong guan. Sebelum buka sudah ngebayangin wafer akan yang di ambil duluan, pas dibuka ternyata rengginang karena sudah terlanjur udah dibuka ya di ambil saja dan di makan wkwkwk, ternyata gurih juga rasnya hehehe. percis ada di foto di atas itu hihi masa yang tak terlupakan...

Ok semoga postingan ini mengingatkan kita waktu masa kecil jadi tak terlekang oleh jaman sukur-sukur masih ada yang melestarikan jajanan tersebut hehehe. Semoga bermanfaat terima kasih.

8 Responses to "Jajanan Lebaran Legend di Jaman Kita Kecil"

  1. udah jarang ada,..tapi enak

    ReplyDelete
  2. wah jajanan yang bikin kangen masa kecil ya gan ;)

    ReplyDelete
  3. benar-benar kenangan yg tak terlupakan... bukanya kaleng khong guan eh isinya rengginang... yg jadi pertanyaan adalah : mas nya ini sebagai pelaku atau korban ya? wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Dulu waktu Bapa masih hidup, madu mongso itu wajib ada di rumah! Mana air rendamannya kalau nggak salah dibikin semacam minuman begitu hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba semacam kaya bir hehe penghangat tubuh tapi ga memabokan minuman para orang tua jaman dulu

      Delete

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel