Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Pria Agar Tetap Bugar

Secara garis besar, menjaga kesehatan memang tidak memandang gender antara pria dan wanita. Namun kesehatan pria biasanya lebih beresiko dibanding pada wanita. Hal ini dikarenakan pria cenderung lebih cuek dan memiliki banyak kebiasaan serta pola hidup yang tidak teratur.

Sejumlah kebiasaan ini ternyata mempunyai imbas yang cukup besar bagi kesehatan tubuh pria. Kebiasaan buruk  untuk kesehatan pria seperti merokok, minuman beralkohol, mengonsumsi makanan tidak sehat, kurang beristirahat dan malas berolahraga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi buruknya kesehatan pria.


Ada banyak hal yang mampu dilakukan pria untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Salah satunya adalah dengan mengubah gaya hidup mereka. Berikut cara menjaga kesehatan pria yang dapat anda lakukan dalam keseharian :

•    Konsumsi Makanan Sehat

Memakan makanan sehat adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan pria. Dengan memakan makanan yang sehat dan bernutrisi, maka kebutuhan harian tubuh akan terpenuhi. Hal ini akan mampu menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit.

Masukkan beberapa bahan makanan seperti  sayur-sayuran, buah, daging dan juga kacang-kacangan dalam menu harian anda. Menghindari konsumsi junk food dan makanan dengan lemak trans merupakan sebuah pilihan tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

•    Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko penyakit stroke, jantung, tekanan darah tinggi dan juga diabetes. Untuk itulah sangat diperlukan bagi pria untuk senantiasa menjaga berat badan ideal untuk menghindari resiko tersebut. Perhatikan lingkar perut anda, jangan biarkan terus menerus melebar.

•    Olahraga secara Teratur

Berolahraga sangat baik untuk kesehatan pria. Dengan olahraga yang teratur maka metabolisme tubuh akan terjaga dengan baik. Sekaligus mampu mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Dan bonusnya, pria yang melakukan olahraga secara rutin juga akan mempunyai bentuk tubuh yang lebih kekar dan sehat.

•    Berhenti Merokok

Tips menjaga kesehatan pria yang selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Rokok adalah salah satu penyebab berbagai macam masalah kesehatan seperti paru-paru, stroke dan juga kanker. Rokok ini bukan penentu seberapa jantan seorang pria. Sebagai manusia dewasa tentunya anda bisa memilih apa yang baik dan kurang baik bagi kesehatan dan kehisupan anda.

•    Istirahat yang Cukup

Tubuh juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Aktifitas fisik yang padat membuat pria rentan terkena stres dan berbagai macam masalah kesehatan. Dengan istirahat yang cukup dan juga kemampuan mengendalikan stress, maka kualitas hidup akan meningkat.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dan Fungsi Seksual Pria

Alat reproduksi adalah bagian tubuh yang sangat vital dan penting baik untuk pria maupun wanita. Untuk itulah, sangat penting untuk menjaga organ tubuh yang satu ini. Terutama mereka yang ingin memiliki keturunan. Beberapa hal dapat mengganggu kesehatan reproduksi pria, diantaranya adalah karena gaya hidup, aktifitas harian dan lain sebagainya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi pria :

•    Terapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup merupakan salah satu fakor yang sangat penting jika kita bicara tentang dunia kesehatan pria. Gaya hidup yang buruk bukan hanya berimbas pada kesehatan pria, tetapi juga kesehatan organ reproduksinya. Untuk itulah sangat penting bagi pria untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Antara lain adalah dengan memakan makanan sehat, mengelola stress, dan juga berolahraga secara teratur.

Baca: Manfaat herbal mentimun

Pilih makanan yang mengandung gizi, nutrisi dan juga rendah lemak sangat baik untuk kesehatan reproduksi pria. Aktifitas fisik yang teratur juga memiliki imbas baik untuk sistem reproduksi.

•    Menjaga Kebersihan Tubuh

Salah satu cara menjaga kesehatan pria adalah dengan menjaga kebersihan. Tidak hanya kebersihan tubuh, kebersihan organ intim juga perlu diperhatikan. Selain dengan mandi secara teratur, pastikan pula untuk senantiasa menggunakan busana yang bersih dan kering.

•    Berhenti Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Tidak hanya buruk bagi kesehatan pria. Alkohol dan rokok juga tidak baik untuk kesehatan reproduksi pria. Untuk itu, sangat disarankan untuk kaum pria meninggalkan dua hal tersebut agar kesehatan tetap terjaga.

•    Cegah Infeksi Menular Seksual

Penyakit dapat menjakiti organ reproduksi pria, terutama bagi mereka yang senang melakukan perilaku seks bebas dan bergonta-ganti pasangan. Untuk itulah diperlukan kesadaran bagi kaum pria untuk melindungi dirinya sendiri. Salah satunya adalah dengan cara membatasi jumlah pasangan seksual dan juga perilaku seks bebas. Karena ini merupakan salah satu sumber dari masalah kesehatan pada organ intim pria.

•    Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Reproduksi

Beberapa makanan seperti bayam, kerang, tiram, oatmeal dan juga ikan dan telur serta buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C. Ini merupakan makanan yang baik untuk kesehatan pria. Menambahkan makanan-makanan tersebut dalam menu harian anda dapat dijadikan solusi untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi pria agar tetap sehat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Pria Agar Tetap Bugar"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel