Tips Menjaga Hubungan Anak dan Orang Tua Agar Selalu Harmonis

Memiliki keluarga yang harmonis sudah pasti menjadi impian bagi kebanyakan orang.  Keluarga yang harmonis tidak akan terjadi tanpa adanya hubungan anak dan orang tua yang baik dan erat. Untuk menjaga hubungan anak dan orang tua agar senantiasa dekat dan harmonis ternyata mudah saja dilakukan. Anda hanya perlu menerapkan beberapa hal ini dalam keseharian anda.

•    Sempatkan Makan Bersama

Menjaga hubungan anak dan orang tua yang erat dan harmonis dapat dilakukan dengan membiasakan beberapa kebiasaan sepele seperti makan bersama. Meskipun terlihat sepele, makan bersama dapat mempererat interaksi antara orang tua dan anak.

Membangun kedekatan emosional dan juga membangun kemampuan sosial yang baik untuk si kecil. Tidak perlu melakukan kegiatan ini setiap waktu, mengingat masing-masing anggota keluarga mempunyai kesibukan masing-masing. Namun membiasakan kegiatan makan bersama sesekali waktu dapat mempererat hubungan anak dan orang tua.

•    Bertanya Pengalaman Anak Hari Ini


Meskipun anda disibukan oleh pekerjaan dan rutinitas harian.  Namun jangan pernah lupa untuk senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan anak. Menanyakan hal-hal sederhana pada anak seperti bertanya tentang pengalamannya hari ini dapat membuat anak merasa dihargai dan diperhatikan.

•    Bermain Bersama

Menjalin hubungan antara orang tua dan anak dalam islam juga sangat dianjurkan. Beberapa cara untuk menjalin  relasi antara anak dan orang tua adalah dengan sering melakukan aktifitas bersama-sama.  Salah satunya dapat anda tunjukan  dengan cara mengajak anak melakukan kegiatan positif seperti bermain bersama,berjalan-jalan bersama dan beberapa aktifitas lainnya.

•    Menunjukan Rasa Sayang

Jangan ragu untuk menunjukan rasa sayang kepada anak.  Pelukan dan tepukan dipundak merupakan salah satu ungkapan rasa kasih sayang yang paling sederhana.  Jangan ragu-ragu untuk mengungkapkan rasa kasih sayang agar hubungan anak dan orang tua semakin erat.

•    Saling Menghargai

Tips mempererat hubungan anatar orang tua dan anak yang selanjutnya adalah dengan cara saling menghargai satu sama lain antar anggota keluarga. Ajarkan adab-adab dasar seperti mengucapkan 'tolong' ketika akan meminta bantuan. Dan mengucapkan 'terima kasih' ketika mendapatkan sesuatu. Jangan ragu pula untuk mengajarkan anak untuk meminta maaf bila melakukan kesalahan. Dengan mengajarkan adab-adab sederhana, diharapkan anak akan tumbuh menjadi orang yang memiliki budi pekerti yang luhur dimasa depan.


Pentingnya Menjaga Hubungan Anak dan Orang Tua

Hubungan anak dan orang tua adalah hubungan yang dipersatukan oleh ikatan darah dan juga tali kasih sayang.  Pentingya menjaga hubungan anak dan orang tua agar tetap harmonis adalah tugas bersama sebagai anggota keluarga. Peran orang tua sebagai pendidik utama didalam keluarga adalah peran yang sangat penting. Bahkan hubungan antara anak dan orang tua sudah diatur oleh undang-undang. Hubungan anak dan orang tua menurut undang-undang telah diatur sedemikian rupa berdasarkan hak dan kewajiban masing-masing.

Baca: Cari Jamur Merang Padi di Sawah Bersama Anak

Hubungan anak dan orang tua ibarat sebuah kaca. Dimana anak merupakan cerminan dari orang tuanya. Orang tua adalah role model bagi seorang anak, untuk itulah mengapa orang tua perlu mencontohkan sikap dan tindakan yang baik. Bila anak terbiasa melihat orang tuanya marah dan melakukan tindakan kekerasan. Maka jangan heran jika anak pun akan melakukan hal yang serupa dimasa depan. Untuk itulah mengapa orang tua harus lebih bijak dalam menentukan pola asuh yang sesuai untuk anak. Dengan pola asuh yang sesuai dan juga dibarengi dengan komunikasi yang baik. Maka diharapkan hubungan anak dan orang tua pun akan menjadi semakin erat dan harmonis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel