Begini Cara Jitu Membuat Sikap Anak Menjadi Baik

Memiliki anak yang memiliki sifat yang baik merupakan dambaan setiap orang tua. Namun sikap anak yang baik ini tentu saja tidak terbentuk begitu saja. Harus ada peran dari orang tua untuk mendorong anak bersikap dan berperilaku baik setiap harinya. Sikap anak yang baik ini tentunya tidak terjadi begitu saja. Buruh kesabaran dan juga kedisplinan agar anak terbiasa bersikap baik dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa contoh sikap anak yang baik yang perlu orang tua terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

•    Mengucapkan Tolong dan Terima Kasih

Ajarkan anak-anak untuk bersikap sopan dan menghargai orang lain. Salah satunya adalah dengan mengajarkan adab-adab sederhana seperti mengucapkan kata 'tolong' ketika akan meminta bantuan. Dan juga mengucapkan terima kasih saat diberi sesuatu. Adab sederhana ini akan membentuk sikap anak dan juga karakternya menjadi pribadi yang baik dan menghargai orang disekitarnya.

•    Ajarkan Adab Dan Sopan Santun

Membentuk sikap anak yang baik harus dimulai semenjak dini. Salah satunya adalah dengan mngajarinya adab dan sopan santun seperti tata cara berbicara pada orang yang lebih tua, cara makan yang baik, menyapa orang lain dan sebagainya. Sikap anak yang diarahkan pada perilaku positif akan membuat anak menjadi pribadi yang menyenangkan bagi sesamanya.

•    Membiasakan Sifat Disiplin

Ajarkan anak untuk memiliki sifat yang disiplin. Disiplin mengajarkan anak untuk tertib dan menjadi pribadi yang memiliki tanggung jawab. Kebiasaan ini nantinya akan terus melekat hingga anak tumbuh dewasa nantinya.

•    Ajarkan Empati pada Sekitar

Mengajarkan anak akan pengertian sikap baik salah satunya adalah dengan melatih mereka berempati. Sikap empati dapat ditunjukan dengan cara yang sederhana seperti menyayangi binatang, berbagi dengan teman, atau memberi sedekah kepada pengemis dan lain sebagainya. Itu adalah sebagian kecil dari contoh sikap anak yang baik yang perlu orang tua ajarkan semenjak dini.

•    Jadilah Orang Tua Teladan

Orang tua adalah role model bagi anak. Apa yang dilakukan oleh orang tua akan ditiru juga oleh anak-anak. Untuk itulah orang tua perlu menunjukan sikap yang positif didepan si kecil. Selain mengajarkan dengan teori, yang tidak kalah penting adalah sikap yang ditunjukan oleh orang tua melalui praktek dikehidupan sehari-hari. Untuk itulah, sangat penting bagi orang tua untuk memberikan teladan yang baik untuk membentuk sikap anak yang baik pula.


Inilah Sikap Buruk Anak yang Tidak Boleh  Dianggap Sepele

Selain sikap anak yang baik. Dalam periode tumbuh kembang si kecil terkadang anak-anak juga menunjukan sikap yang membuat anda tidak berkenan. Ada saatnya anak menunjukan berbagai sikap buruk seperti melawan atau bahkan berkelahi dengan sesama teman. Menurut psikolog inilah beberapa contoh sikap buruk anak yang tidak boleh disepelekan oleh orang tua.
  • Suka marah-marah,
  • Tidak mau mendengarkan ucapan orang tua
  • Suka berbohong
  • Mengambil atau menggunakan barang milik orang lain tanpa izin
  • Bersikap tidak sopan dan lain sebagainya.
Perilaku anak yang buruk ini tentunya tidak boleh disepelekan oleh orang tua begitu saja. Sikap anak yang tidak baik perlu mendapatkan perhatian ekstra. Komunikasi merupakan solusi utama untuk mengatasi permasalahan ini. Luangkan waktu untuk berbicara dari hati ke hati dengan anak. Sampaikan keinginan anda agar anak merubah sikap-sikap buruknya tersebut.

Baca Juga: Bunda, Ketahui Pentingnya Pola Asuh yang Baik Untuk Anak

Namun orang tua pun harus berhati-hati saat menyampaikan teguran kepada anak. Gunakan kata-kata yang lemah lembut dan tidak menyalahkan agar anak pun tidak berbalik melawan anda. Dengan komunikasi yang baik, maka orang tua pun akan dapat mengarahkan sikap anak pada hal-hal yang positif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel