Begini Cara Menata Ruangan Agar Terlihat Harmonis Dan Serasi

Memiliki rumah yang bersih dan rapi serta memiliki nilai estetika tentunya menjadi impian dan keinginan dari setiap orang. Hal ini tentunya akan terwujudkan jika anda mengetahui tips dan cara menata ruangan agar tampak harmonis dan serasi.

Cara menata ruangan menyiratkan kepribadian dan karakter pemilik rumah. Dengan mengetahui cara dan konsep penataan ruangan yang tepat, tentu akan membuat ruangan tersebut menjadi lebih fungsional, rapi, teratur dan juga estetis.

Cara Menata Ruangan Dalam Rumah Agar Sedap Dipandang Mata

Tinggal didaerah perkotaan yang memiliki banyak penduduk terkadang membuat orang-orang mengalami berbagai permasalahan. Salah satunya adalah keterbatasan lahan untuk membuat rumah. Namun anda tetap dapat menyiasati hunian mungil anda dengan cara mengetahui cara menata ruangan untuk rumah minimalis.

Menata ruangan untuk rumah minimalis, tentunya akan membuat anda bekerja lebih ekstra. Salah satunya adalah dengan memikirkan bagaimana caranya agar setiap ruangan didalam rumah terlihat lebih fungsional. Berikut akan diulas beberapa tips menata ruangan untuk rumah minimalis :

1. Cara Menata Ruang Tamu

Ruang tamu adalah sebuah ruangan yang sangat penting didalam rumah. Dimana ruangan ini merupakan tempat dimana anda menerima tamu yang akan datang berkunjung. Untuk itulah mengapa anda perlu mengetahui cara menata ruang tamu agar terlihat rapi dan juga indah. Cara menata ruang tamu agar terlihat rapi dan indah dapat ditempuh dengan beberapa cara seperti diantaranya.
  • Menentukan tema ruang tamu sesuai dengan selera dan keinginan. Beberapa tema seperti tema modern, bohemian style, tema vintage ataupun tema minimalis bisa menjadi pilihan.
  • Menentukan  furnitur yang tepat untuk ruang tamu sesuau dengan tema.
  • Sesuaikan furnitur dengan perabotan atau pajangan yang serasi.
  • Pastikan penataan perabotan ditempat yang tepat dan tidak menghalangi jalan masuk atau keluar.
  • Sisakan ruang yang cukup lapang agar tamu leluasa bergerak.
2. Menata Ruang Keluarga

Cara menata ruang keluarga agar rumah minimalis terlihat lebih lapang ternyata mudah saja. Anda dapat menyiasatinya dengan cara pemilihan perabotan dan furnitur yang tepat. Seperti contohnya dengan memilih menggunakan sofa tanpa meja atau konsep lesehan untuk ruang keluarga. Cara menata ruangan tanpa kursi memberikan kesan lapang dan luas pada ruang keluarga.

3. Cara Menata Ruang Dapur Dan Kamar Mandi

Dapur dan kamar mandi juga merupakan tempat yang paling vital dalam sebuah rumah.  Cara menata ruang dapur dan kamar mandi agar terlihat rapi dan lapang adalah dengan cara memilih furnitur yang multi fungsi. Seperti contohnya adalah lemari kabinet yang berfungsi ganda sebagai tempat penyimpanan barang pecah belah. Pemilihan meja dan kursi serta perabotan lainnya juga berpengaruh pada keindahan dapur anda.

Baca Juga: Tips Dan Cara Desain Rumah Terbaru yang Mudah Untuk Pemula

Pun demikan dengan ruangan lainnya seperti kamar mandi, dan juga kamar tidur. Pemilihan furnitur dan perabotan yang fungsional pada setiap ruangan akan membantu rumah anda terlihat lebih rapi dan lapang.


Tips Menata Ruangan Untuk Rumah Minimalis Agar Terlihat Rapi Dan Lapang

Memiliki rumah minimalis bukan menjadi masalah besar. Anda dapat menyiasatinya dengan cara menata ruangan yang tepat. Dengan mengerti bagaimana cara menata ruangan yang tepat, maka rumah minimalis pun akan tetap terlihat rapi dan lapang. Beberapa tips cara menata ruangan untuk rumah minimalis diantaranya adalah :
  • Memilih furnitur yang praktis dan multifungsi.
  • Memilih perabotan benar-benar dibutuhkan dan menatanya dengan baik.
  • Memilih cat dinding berwarna terang untuk efek ruangan lebih lapang dan luas.
  • Mengatur pencahayaan ruangan.
  • Memilih rumah tanpa sekat tembok agar ruangan terlihat lebih luas.
  • Mempercantik lantai. Pilih warna keramik lantai yang sesuai dan matching dengan warna dinding rumah.
Demikian tadi beberapa tips  cara menata ruangan. Dengan mengetahui ketrampilan dan cara menata ruangan yang tepat. Maka rumah dan hunian anda tidak hanya akan terlihat rapi, tetapi juga memiliki nilai estetika.

6 Komentar untuk "Begini Cara Menata Ruangan Agar Terlihat Harmonis Dan Serasi"

  1. Nah... Menurutku selain cari furnitur yang minimalis, kita perlu tahu bahannya juga nih Kak. Karena sekarang lagi marak furnitur yang minimalis dan harga cukup murah. Eh, ternyata mudah rusak.

    Btw, terima kasih artikelnya dan pasti bermanfaat untuk yang mau bikin rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak kita harus tahu bahan dan jenis supaya awet.

      Terima kasih kak udah berkunjung

      Hapus
  2. Penting juga bagi kita untuk mengetahui ukuran ruangan agar saat ada di toko furniture bisa menyesuaikan besar barang yang dibeli dengan ukuran ruangan di yang akan ditempatinya.

    Kejadian di rumah saya, kita beli sofa yang agaknya lebih gede tidak sesuai dengan ruangan yang relatif lebih kecil. Jadinya kebingungan saat menatanya.

    BalasHapus
  3. Rumah gw minimalis kaya kandang burung, jadi semua barangnya juga minimalis. Gak cukup kalo beli barang gede-gede -__-'

    BalasHapus

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel