Ini Dia Tips Untuk Membangun Rumah Bertingkat Minimalis

Setiap orang pasti menginginkan untuk memiliki hunian yang nyaman dan juga luas. Namun didaerah perkotaan yang padat penduduk, ada berbagai kendala yang harus ditemui bila ingin membangun rumah yang luas. Salah satunya adalah kendala dengan minimnya lahan. Untuk menyiasati hal ini, biasanya orang akan memilih untuk membangun rumah bertingkat.

3 Persiapan Dasar Sebelum Membangun Rumah Tingkat

Membangun rumah tingkat, baik renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai ataupun membangun dari nol memang tidak mudah. Ada berbagai persiapan matang yang perlu anda lakukan. Berikut tips untuk rumah tingkat agar dapat dibangun dengan persiapan yang matang :
  • Sudah menentukan tipe rumah yang diinginkan.
  • Sudah mempunyai rincian seluruh biaya yang dibutuhkan.
  • Mulai mencari bahan-bahan bangunan ditempat yang harganya bersaing.
Itulah beberapa persiapan untuk membangun rumah bertingkat yang perlu anda persiapkan dengan matang sebelum membangun rumah. Hal ini bertujuan agar rumah idaman dapat selesai dengan tepat waktu dan tidak ada kendala seperti kekurangan biaya dan lain sebagainya. Karena anda sudah mempersiapkan anggaran biaya, serta persiapan pembangunan lainnya.


Cara Mudah Mempersiapkan Pembangunan Rumah Sendiri dengan Budget Minimalis

Memiliki lahan terbatas atau bahkan budget yang minim? Anda dapat menyiasatinya dengan cara membangun rumah tingkat minimalis.  Rumah dengan tipe minimalis dapat dipilih untuk anda yang memiliki budget terbatas. Mengapa? Karena semakin kecil ukuran rumah, maka semakin kecil pula pengeluaran untuk membeli bahan material bangunan yang dibutuhkan. Namun meskipun kecil, anda tetap dapat menyulapnya menjadi sebuah rumah yang memiliki tampilan  modern dan terkesan megah.

Baca Juga: Begini Cara Menata Ruangan Agar Terlihat Harmonis Dan Serasi

Rumah tingkat minimalis merupakan solusi, terutama untuk keluarga kecil. Tips membangun rumah tingkat agar selesai tepat waktu dan sesuai dengan harapan sebenarnya mudah saja. Anda dapet memulainya dengan cara menghitung biaya untuk desain rumah 2 lantai. Berikut ini beberapa persiapan yang perlu anda lakukan sebelum membangun rumah :

•    Mencari Tahu Harga Bahan Bangunan dan Juga Upah Tenaga Kerja Terkini

Tips Membangun rumh tingkat yang pertama adalah dengan cara mencari tahu harga bahan bangungan terkini dan juga upah untuk pekerja. Dengan mengetahui dua hal tersebut, maka anda akan dapat menghitung budget pokok yang harus dikeluarkan ketika harus membangun sebuah rumah.

•    Mencari Referensi Model Rumah Minimalis

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan cara mencari referensi model rumah. Dengan mencari referensi tipe dan model rumah yang bagus, akan memudahkan anda untuk menuangkan konsep rumah ideal menurut anda. Kemudian anda bisa mengkomunikasikan konsep desain tersebut kepada arsitek yang akan merealisasikan pembangunannya.

•    Merancang Sendiri Denah Bangunan, Why Not?

Merancang denah bangunan sendiri juga merupakan salah satu cara membangun rumah dengan murah. Selain meminimalisir pengeluaran untuk arsitek, dengan merancang desain rumah sendiri juga akan membuat anda dapat merealisasikan rumah impian. Namun jika anda sama sekali tidak faham tata letak dan penghitungan denah ruang, sebaiknya tetap menggunakan jasa arsitek. Hal ini supaya anda tidak perlu keluar budget kembali untuk merombak bangunan karena tidak sesuai dengan fungsinya.

•    Mengukur Luas Bangunan

Jangan lupa pula untuk menyesuaikan denah yang anda buat dan kemudian disesuaikan dengan luas bangunan yang anda miliki. Anda bisa menanyakan ukuran luas bangunan yang ideal kepada arsitek yang sudah berpengalaman.

•    .Membuat Ruangan Multifungsi

Untuk meminimalisir pengeluaran untuk membuat rumah, anda perlu merancang desain ruangan yang multifungsi. Rumah dengan jumlah ruangan yang banyak cenderung memiliki biaya yang lebih mahal. Untuk itulah perlu adanya ruangan yang multifungsi, seperti misalnya ruang keluarga yang berfungsi sekaligus sebagai ruang tamu. Atau dapur yang berfungsi sebagai ruang makan sekaligus. Dengan meminimalisir ruangan, anda secara tidak langsung telah menghemat budget untuk membeli bahan bangunan.

•    Membuat Estimasi Biaya Keseluruhan yang Harus Anda Keluarkan.


Hal yang terakhir yang perlu anda lakukan untuk membangun rumah impian adalah dengan menghitung secara matang budget yang perlu anda keluarkan. Budget ini tentu saja sudah mencakup bahan bangunan yang diperlukan, perkiraan jasa pembayaran tukang dan pekerja hingga hal-hal remeh temeh lainnya.

Demikianlah beberapa tips membangun rumah tingkat, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang merencanakan untuk membangun rumah impian dalam waktu dekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel