Ketahui Pentingnya Peran Orang Tua Terhadap Anak

Anak merupakan anugerah yang sangat berharga yang diberikan oleh Tuhan kepada orang tua. Oleh sebab itu, orang tua memiliki kewajiban untuk membesarkan dan mendidik anak agar tumbuh menjadi pribadi yang baik dimasa depan. Dalam islam sendiri, pentingnya peran orang tua terjadap anak sangat disoroti. .Sekarang pertanyaanya bagaimana peran orang tua terhadap anak?

Peran orang tua terhadap anak dalam islam sangatlah penting. Karena orang tua adalah pendidik pertama yang menentukan kualitas mental serta karakter anak dimasa depan.  Berikut akan diulas pentingnya peran orang tua terhadap anak dalam perkembangan mentalnya :

•    Orang Tua Berperan Sebagai Pengontrol

Pengaruh orang tua terhadap anak salah satunya adalah sebagai pengontrol. Peran orang tua sebagai pengontrol ini sangat diperlukan, terutama pada saat anak berusia remaja. Dimana dalam fase ini anak-anak sedang dalam pencarian jati diri. Pendampingan dan peran orang tua dangat dibutuhkan agar anak tetap terawasi. Terutama agar anak tidak terjerumus dalam pergaulan yang buruk dan juga pengaruh lingkungan yang tidak baik.

Masa remaja adalah masa-masa yang cukup riskan. Orang tua perlu mendampingi dan mengarahkan anak untuk melakukan hal-hal positif seperti melakukan hobi, berkreasi, berkarya dan lain-lain. Pada fase ini sangat terlihat betapa pentingnya peran orang tua terhadap anak. Tanpa pendampingan yang baik, maka anak-anak dapat terjerumus kepada hal-hal yang negatif seperti kenakalan remaja maupun pergaulan bebas.

•    Orang Tua Berperan Sebagai Contoh

Peran orang tua terhadap perkembangan anak salah satunya adalah sebagai role model. Sikap, kepribadian dan mental anak juga ditentukan oleh orang tua itu sendiri. Karena anak-anak cenderung menjadi seorang peniru, dan yang pertama dilihatnya tentu saja dari orang tuanya sendiri.

Anak akan meniru perilaku orang tua dalam menyelesaikan masalah. Jika anda tidak ingin mempunyai anak yang pemarah, maka anda juga jangan suka marah-marah dan membentak didepan anak. Tunjukan sikap dan mental terbaik anda, agar anak pun akan mengingat anda sebagai seorang contoh yang baik bagi kehidupannya kelak.

•    Ajarkan Komunikasi yang Baik

Perkembangan teknologi yang canggih pada masa sekarang sedikit banyak mempengaruhi komunikasi dalam keluarga. Banyak fenomena yang terjadi yaitu dimana para anggota keluarga kehilangan komunikasi efektifnya karena masing-masing sibuk dengan gadget.

Pada masa remaja, komunikasi antara orang tua dan anak sangatlah penting. Terutama karena pada masa ini, anak akan sangat mudah terpengaruh terhadap dunia luar. Untuk itu, orang tua tua harus tanggap dan tetap menjalin komunikasi intens dengan anak. Jadilah pendengar yang baik untuk anak, agar anda dapat mengontrol pergaulannya sekaligus membantu memecahkan masalah. Anda tentu tidak ingin jika anak akan mencari pelarian lain untuk memecahkan masalahnya, bukan?

Untuk itulah pentingnya peran orang tua terhadap anak. Yakni sebagai teman yang mau mendengarkan dan memberi saran serta mengarahkannya pada hal-hal yang positif.


Benarkah Masa Depan Anak juga Ditentukan Oleh Orang Tua?

Selain membentuk karekter dan mental anak. Keluarga juga sangat berperan pada kesuksesan anak dimasa depan. Peran orang tua terhadap pendidikan anak menurut para ahli sangatlah penting. Dimana orang tua selain sebagai fasilitator, juga sebagai pendorong utama agar anak dapat meraih cita-cita yang diimpikannya.

Baca Juga: Tips Menjaga Hubungan Anak dan Orang Tua Agar Selalu Harmonis

Sebagai pendidik utama, peran orang tua terhadap pendidikan anak sangatlah vital. Terutama dalam pendidikan tentang moral yang merupakan fondasi awal kepribadian anak. Pendidikan moral ini dapat anak contoh dari perilaku dan kebiasaan yang orang tua lakukan sehari-hari. Untuk itulah sangat penting peran orang tua terhadap anak. Karena baik dan buruknya seorang anak, maka itu juga tergantung dari orang tua dalam memberikan pengarahan dan bimbingan.

Selanjutnya peran orang tua terhadap pendidikan anak adalah sebagai fasilitator. Yaitu dengan memfasilitasi anak untuk meraih cita-cita dan impian. Hal ini dilakukan dengan cara memfasilitasi pendidikan anak di instansi-instansi pendidikan untuk menghasilkan generasi cemerlang dimasa depan.

2 Responses to "Ketahui Pentingnya Peran Orang Tua Terhadap Anak"

  1. Anak itu ibarat kertas putih yang siap buat kita coret-coret. Siapa yang coret-coret? Orang tuanya lah

    Kalo si orang tua nyoret dengan hal-hal yang baik, maka akan jadi gambar yang indah. Tapi kalo orang tua nyoret dengan hal-hal gak baik maka akan jadi gambar yang jelek.

    ReplyDelete

Berkomentarlah Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel