Merancang Rumah di Cluster Sebagai Hunian Idaman

Rumah dengan gaya minimalis memang sedang ngetren dan banyak diminati oleh orang zaman sekarang. Selain desainnya yang simpel dan sederhana, rumah minimalis tetap terlihat elegan dan modern. Untuk itulah, rumah dengan gaya minimalis biasanya memanfaatkan lahan seminimal mungkin dan juga menekan penggunaan material bahan bangunan untuk lebih menghemat biaya pembangunan.

Salah satu desain rumah yang sedang banyak digandrungi oleh orang zaman sekarang adalah desain rumah cluster. Rumah cluster adalah kumpulan bangunan perumahan tanpa pagar dengan satu gerbang utama sebagai pengontrol keamanan. Merancang rumah di cluster sebagai hunian idaman menjadi merupakan salah satu trik bagi sebagian orang yang tinggal diperkotaan dengan kondisi lahan yang minim.


Mengenal Apa Itu Rumah Cluster, Kelebihan dan Kekurangannya

Perumahan cluster modern merupakan desain rumah minimalis tanpa pagar yang menjadi salah satu tipe perumahan yang banyak di pilih di perkotaan dengan penduduk yang padat. Merencanakan untuk merancang rumah di cluster ini tentu saja memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri.  Kelebihannya adalah tentu saja rumah closter modern ini tidak memerlukan lahan yang luas karena sudah ditentukan oleh arsitek luas lahan tiap unitnya.  Selain itu, dengan memilih rumah cluster modern bergaya minimalis.  Itu artinya membuat anda tidak membutuhkan budget khusus untuk membuat garasi mobil.

Sedangkan untuk kekurangannya, tentu saja tipe rumah jenis ini memerlukan tingkat keamanan yang tinggi karena masing-masing rumah didesain dengan tanpa menggunakan pagar. Untuk itulah untuk komplek perumahan cluster dibutuhkan penjagaan yang ketat dari satpam dan petugas keamnan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar keamanan dan kenyamanan penghuni komplek tetap terjaga.

Selain harus memiliki pengawalan keamanan yang ketat.  Dengan memilih rumah cluster minimalis tentunya anda harus menerima bahwa anda tidak bisa memodifikasi tampilan arsitektur tampak depan rumah sehingga semua kompleks perumahan cluster ini memiliki penampilan yang seragam.

Contoh Desain Rumah Cluster Tipe 36 Minimalis Dan Modern

Perumahan cluster minimalis dan modern merupakan salah satu jenis tipe perumahan yang banyak diminati.  Terutama oleh keluarga kecil dan kaum milenial. Selain karena simple dan modern,  rumah bergaya minimalis juga mudah diatur karena tidak terlalu luas. Sangat cocok untuk keluarga muda dan juga generasi milenial yang mengedepankan sisi kepraktisan namun tetap menonjolkan kesan modern.

Dalam merancang rumah di cluster memang harus mengedepankan sisi fungsional dari setiap ruangan. Salah satu tipe rumah yang banyak diadaptasi dalam komplek perumahan cluster adalah rumah tipe 36. Perumahan cluster tipe 36 atau rumah mungil dengan luas 36 meter persegi biasanya banyak diminati oleh keluarga kecil.  Berikut beberapa tips dalam merancang di rumah cluster yang perlu anda pertimbangkan :

•    Rumah Minimalis Tanpa Penyekat

Untuk memaksimalkan rumah minimalis agar tetap telihat lapang dan luas.  Anda perlu meminimalkan adanya penyekat ruangan.  Ruangan dengan banyak penyekat selain membutuhkan lebih banyak biaya untuk membuatnya.  Juga menimbulkan kesan sempit untuk rumah mungil anda.  Untuk itulah,  untuk desain rumah cluster tipe 36 sebaiknya diminimalisir adanya sekat ruangan.

•    Perhatikan Kesan yang Ingin Ditampilkan

Rumah cluster minimalis modern memiliki kesan simpel dan apa adanya.  Namun juga tetap harus menonjolkan sisi menarik dan estetika. Untuk itulah pada ceiling, konsepnya harus dibiarkan polos tanpa drop ceiling.

•    Mengedepankan Fungsional Ruangan

Karena memiliki lahan yang terbatas.  Tentu saja fungsional dari ruangan harus dimaksimalkan.  Untuk itu perlu dipertimbangkan dengan matang penataan yang tepat antar ruangan agar dapat dimaksimalkan dari segi fungsionalnya.

Baca Juga: Cara Mengatur Garasi Mobil Untuk Rumah Minimalis

Untuk dapat mengetahui model-model rumah cluster tipe 36, anda dapat mencari referensinya pada situs-situs internet ataupun majalah-majalah desain. Dengan mengetahui bagaimana merancang rumah di cluster, maka akan membuat anda dapat memaksimalkan rumah  mungil menjadi hunian yang tidak hanya nyaman,  tetapi juga modern dan estetik. Baca Juga: Kontraktor Bandung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel