Momen Lebaran 2019 dengan Keluarga

Seminggu sudah telah melewati hari raya, banyak kenangan saat merayakan hari raya di kampung yang sudah menjadi tradisi mudik para perantau atau pun yang sudah menetap dikota yang dirindukan adalah pulang kampung dan bernostalgia dengan keluarga besar. Itu juga saya lakukan setiap setahun sekali dan mungkin wajib mudik hehehehe.

Kampung halaman saya di propinsi Lampung Kabupaten Lampung Selatan yang mayoritas penduduknya adalah Jawa untuk merayakan lebaran ya seperti di daerah jawa pada umumnya dengan yang pasti adalah menyediakan aneka jajanan lebaran yang di bikin sendiri maupun dapat dari beli.

Teringat nostalgia dimasa kecil setiap menjelang lebaran atau puasa ibu-ibu di kampung sudah di pastikan membuat kue lebaran yang sederhana tapi mewah di waktu itu mulai dari rengginang, madu mongso, jenang, tape, kembang goyang, ciputan, jipang, kue babon, dan aneka kue jajanan lebaran lainnya yang sangat banyak varian.


Tradisi lebaran dari tahun ke tahun.

Sungkeman

Sungkeman adalah sudah menjadi tradisi turun temurun yang dilakukan oleh anak kepada orang tua, nenek ataupun orang yang di anggap sepuh dengan cara bersimpuh dan berucap biasanya dengan bahasa jawa dan di jawab dengan memaafkan. Sungkeman adalah tradisi muslim jawa kalau tidak sungkeman sudah di anggap tidak jawani.

Contoh kata-kata sungkeman: “Kulo ngaturaken sugeng riyadi lan nyuwun pangapunten dumatheng sedoyo kelepatanipun lan klenta klentinipun kulo.” dan di jawab dengan orang tua sebagai berikut: "Semono uga aku, wong tuwa uga akeh klera-klerune, Kowe uga ngagungna pangapura, Ora luwih, kowe bisaa, kabul kang dadi ancas, lan dadi gegayuhanmu,Ora luwih, aku wong tuwa, mung bisa ndedonga marang Pangeran, Iya, kowe dak pangestoni"

Hidangan Ketupat dan sajian Jajanan lebaran

Setelah selesai melakukan sungkeman dengan keluarga yang banyak dilakukan adalah dengan menyantap ketupat dan sayur opor ayam maupun aneka daging nah ini yang paling ditunggu hehehe, saya pastikan dilahap habis itu menu lebaran, apalagi kalau ingat nostalgia dimasa kecil dulu yang bisa menikmati santapan lebaran hanya setahun sekali. Setelah itu dimeja ruang tamu beraneka jajanan lebaran bayak tersedia.

Berkeliling di tetangga sekitar dan saudara

Nah momen ini yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak dengan gembira riang karena bisa menikmati aneka kue lebaran dan yang dipastikan ditunggu adalah uang lebaran yang selalu di nanti. Memang sudah menjadi tradisi orang tua yang dalam keadaan mampu sudah di pastikan akan memberi uang lebaran dengan nominal tertentu sesuai kemampuan.


Berekreasi atau silahtuhrahmi di tempat keluarga jauh

Nah setelah momen di keluarga dan tetangga sekitar yang tidak kalah penting adalah berekreasi atau bersilahtuhrahmi dengan keluarga jauh. Momen-momen ini sanagt seru dan asik untuk dilalui yang sudah lama tak bertemu bisa berkemu dan bersua kembali dengan cipika-cipiki yang sudah lama tak bertemu dengan cara bernostalgia dan mengingat masa kecil yang penuh dengan kenangan hehehe.

Baca Juga: Kegiatan selama Ramadhan Mbolang di Kampung 2019

Dengan banyak momen yang telah dilalui di atas adalah mengingat masa kecil yang penuh kenangan, apalagi saya sendiri dari anak orang miskin atau petani sudah dipastikan momen lebaran adalah momen yang sangat berkesan sampai kapan pun. Bagaimana  dengan momen atau kenangan lebaran sobat? corat-coret di komen ya hehehehe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel