Orang Tua Wajib Faham, Begini Pola Asuh Balita yang Paling Tepat

Orang tua merupakan guru atau pendidik pertama yang ditemui oleh anak-anak. Didikan dari orang tua akan membekas dan membentuk kepribadian dasar seorang anak. Untuk itulah mengapa orang tua harus memiliki dasar pola asuh yang baik agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik pula. Anak usia dini atau anak balita merupakan masa keemasan dalam fase tumbuh kembang seorang anak. Untuk itu, orang tua harus menyadari perlunya untuk mengetahui pola asuh balita yang tepat.


Berikut akan diulas beberapa pengtahuan tentang pola asuh balita yang perlu diketahui oleh orang tua.

•    Semua Anak Cerdas

Setiap anak adalah istimewa dengan kecerdasannya masing-masing. Ini adalah keyakinan dasar yang harus dimiliki oleh orang tua. Untuk itulah sudah sepatutnya orang tua mengembangkan potensi anak sesuai dengan tingkat kecerdasan masing-masing. Baik itu kecerdasan verbal linguistik, logika matematika, musikal, interpersonal maupun eksistensial.

•    Setiap Anak Memiliki Cara Tersendiri Dalam Memproses Informasi

Manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk dalam hal mengolah dan menerima informasi yang didapatkannya. Itulah mengapa kecepatan memahami sesuatu setiap anak tidaklah sama. Pola asuh balita masing-masing pun menjadi berbeda.

Pentingnya orang tua memahami pola asuh anak usia dini yang tepat. Agar orang tua pun dapat mengerti gaya belajar yang tepat untuk anak untuk dapat memaksimalkan bakat dan juga potensi yang dimiliki oleh anak.

•    Setiap Anak Adalah Baik

Pola asuh anak dalam keluarga secara islam pun perlu diketahui oleh orang tua.  Bahwasanya setiap anak adalah baik, untuk itu sebaiknya orang tua memberikan label yang positif kepada anak. Label nakal,  cerwet dan suka mengganggu sebaiknya dihindarkan pada anak karena akan memberikan arah negatif kepada anak.

•    Setiap Anak Perlu Sebuah Apresiasi

Setiap usaha yang dilakukan oleh anak adalah kemampuannya yang terbaik.  Untuk itu,  anda perlu mengapresiasi setiap usaha yang dilakukan oleh anak. Berikan apresiasi kepada si kecil untuk setiap usaha yang dilakukannya.  Tidak harus berupa barang,  anda dapat memberikan apresiasi dalam bentuk pujian,  pelukan dan lain sebagainya. Bentuk apresiasi akan membuat anak untuk belajar menghargai dirinya sendiri dan juga orang lain.

Pola Asuh yang Salah Ini Sering Dilakukan Oleh Orang Tua Jaman Now

Sudahkah pola asuh yang anda terapkan berjalan dengan baik? Ternyata ada beberapa pola asuh anak yang salah sering dilakukan oleh orang tua jaman sekarang. Pola asuh anak usia dini bisa dibilang gampang-gampang susah.  Orang tua harus banyak belajar dan memahami pola asuh balita yang paling tepat untuk diterapkan pada sang buah hati.

Berikut ini beberapa pola asuh anak yang salah yang sering dilakukan oleh orang tua Jaman now :

•    Terlalu Memanjakan Anak

Setiap orang tua pastinya ingin untuk membuat anaknya bahagia.  Tetapi dengan terlalu memanjakan anak ternyata sangat tidak efektif bagi kecerdasan emosional anak. Sikap saying yang berlebihan ini justru nantinya akan menyulitkan anak dimasa mendatang. Hal ini karena anak yang manja cenderung kurang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan terbiasa menggantungkan diri pada pertolongan orang lain.

•    Terlalu Sering Memuji

Pujian merupakan salah satu bentuk apresiasi.  Namun terlalu sering memuji juga tidak baik untuk anak dan membuatnya menjadi besar kepala. Puji anak seperlunya dan sejujurnya. Anda tidak perlu berlebihan ketika memberikan penilaian positif kepada anak.

•    Terlalu Membanggakan Kepintaran

Terlalu membanggakan kepintaran akademis anak akan membuat anak menjadi arogan dan membuat ia merasa bahwa orang lain lebih bodoh.  Hal ini tentu tidak baik untuk sifat dan kepribadiannya.

•    Terlalu Menuntut Anak


Pola asuh anak jaman now berbeda dengan pola asuh balita jaman dahulu.  Jaman sekarang anak sudah dituntut untuk menguasai berbagai macam kepintaran.  Orang tua sudah membebani anak dengan berbagai macam less dan juga sekolah.  Hal ini akan membuat anak menjadi mudah stress dan merasa terbebani.

•    Terlalu Bebas Bermain Gadget

Anak-anak jaman now seringnya terlalu dibebaskan dalam bermain gadget maupun menonton televisi. Hal ini tentu tidak baik untuk tumbuh kembang anak. Karena akan membuat anak kurang berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Batasi penggunaan gadget ada anak dan gantilah dengan kegiatan lain yang lebih positif.

Baca Juga: Tips Menjaga Hubungan Anak dan Orang Tua Agar Selalu Harmonis

Demikian tadi beberapa tips tentang pola asuh balita yang sebaiknya anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memudahkan para orang tua memberikan pola pengasuhan balita dengan tepat dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel