Memilih Sumber Penghasilan yang Sesuai di Bidangnya

Setiap orang memiliki keunikan sendiri dan peluang masing-masing untuk memulai bisnis. Biasanya bisnis yang cocok bagi si A misalnya, belum tentu cocok bagi si B. Demikian juga, peluang itu biasanya juga tergantung dari latar belakang pekerjaan, pendidikan, keluarga, teman yang kita miliki. Seperti saya dulu bekerja jadi kenek bengkel las listrik sampe jadi tukang ya saat ini bisnis yang saya geluti di bidang itu.

Demikian juga orang yang bekerja dibidang koki di restoran, dia mungkin lebih memilih bisnis catering atau broker catering dan sebagainya. Bisa juga pesta perkawinan dan lainnya.  Sesuai kemampuan dalam menganalisa sebuah bisnis dan pengalamannya.


Dalam memilih sumber penghasilan yang sesuai dengan karyawan, setidaknya mempeerhatikan hal berikut:
  • Pilihlah sumber penghasilan yang masih ada kaitannya dengan kegiatan atau bidang pekerjaan dikantor karena hal ini akan memudahkan anda, karena anda sudah memiliki keterampilan yang memadai.
  • Pilihlah sumber penghasilan yang sudah anda sukai atau menjadikan hobi sebagai bisnis supaya kita tetap enjoy dalam hal apapun.
  • Jangan mudah percaya dengan tawaran berbagai investasi dari pihak ketiga atau tawaran kerjasama bisnis. Dapatkan informasi bisnis selangkap-lengkapnya sebelum anda menerima tawaran itu. Selama ini karyawan selalu menjadi makanan empuk bagi penipu karena karyawan banyak yang bermental pemalas, ingin untung besar rutin setiap bulan tapi tidak mau terlibat langsung dalam investasi atau bisnis
  • Bila memilih bisnis, pilih bisnis yang tidak menuntut keterlibatan anda secara penuh, dapat didelegasikan kepada orang lain atau masih dapat dikerjakan secara paruh waktu. Pilih bisnis yang mudah dilaksanakan tetapi bukan bisnis yang terlalu mudah untuk ditiru dan diikuti banyak orang. 
  • Jangan melibatkan modal terlau besar apalagi, melibihi kemampuan finansial Anda. Ukuran besar kecilnya, sangat tergantung modal yang anda miliki dan kemampuan anda dalam menanggung resiko.
  • Bila memilih bisnis waralaba atau franchise , perhatikan siapa pemiliknya, apakah mereka sudah cukup profesional atau tidak. Anda juga harus memperhatikan lama berdirinya perusahaan waralaba, profitabilitasnya, brandnya apakah sudah dikenal masyarakat, berapa cabangnya , dan sistemnya sudah solid atau belum. Perjanjian waralaba juga harus di perhatikan.
Nah itulah tips untuk memilih sumber penghasilan, namun tetap di ingat kalau kita masih berstatus karyawan kita juga harus menjaga profesional dikantor tempat kita bekerja.

Baca Juga:
Bagaimanapun memiliki profesi ganda tentu saja membutuhkan tenaga,pikiran, perhatian, dan waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan karyawan yang hanya bekerja pada satu kantor. Untuk kelancaran pekerjaan Anda harus profesional.

Jangan mengobarkan pekerjaan kantor kalau Anda memang masih ingin bekerja. Waktu anda ingin keluar, keluarnya harus secara baik-baik dan dalam kondisi performance yang terbaik. Mengapa demikian, karena bagaimana pun orang-orang di kantor adalah calon-calon konsumen.

Mereka juga bisa menjadi juru kampanye bagi anda. Bila Anda jelek, maka mereka akan memberikan rekomendasi yang jelek-jelek tentang Anda. Bagaimana? apakah tertarik untuk menambah sumber penghasilan hehehe. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber: Buku Cara Mudah Menjadi Karyawan Multi Income

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel